Meja Bumi Ramadhan : Kesetaraan, Keadilan, Kebebasan, Persaudaraan

Foto dw
Foto dw

Istanbul, Turki Sayangi.com – Kota yang dikenal dengan 1001 malam ini mempunyai jamuan malam awal Ramadhan yang dikenal dengan nama “Meja Bumi”.

Tahun (2017) tradisi ini dilangsungkan di Jalan Istiklal, Istanbul, pada Sabtu malam (27/5) untuk menandai buka puasa pertama pada Bulan Suci.

Sekitar 500 orang mempersiapkan makanan di rumah dan membawanya ke meja lantai raksasa di Istiklal, sebuah pedestrian di pusat Kota Istanbul.

Para pejalan kaki diundang bergabung ke “Meja Bundar”, yang dimulai dari bagian tengah jalan tersebut dan membentang ke Taksim Square. Pemandangan ini menarik perhatian turis lokal dan luar negeri.

Tradisi Meja Bumi Di Istambul, Foto dw
Tradisi Meja Bumi Di Istambul, Foto dw

Relawan Meja Bumi,adalah  organisasi non-pemerintah setempat. Ornop tersebut  sekaligus tuan rumah kegiatan ini. Undangan acara tradisi ini disebar melalui media sosial.

Di undangan selebaran disebutkan  “Mari bertemu di Meja Bumi dan menjadi contoh kesetaraan, keadilan, kebebasan dan persaudaraan”.

Apa yang disebut “Meja Bumi” menjadi populer di seluruh negeri selama protes besar anti-pemerintah pada 2013. Tradisi ini adalah simbol  untuk berbagi makanan dengan setiap orang di jalan, terutama orang yang menghadapi masalah ekonomi.

Warga Turki Kutay Gurol kepada Xinhua mengatakan “Di sini, apa yang orang-orang  perlihatkan adalah solidaritas,”.

“Tak ada ideologi atau pemahaman politik di sini. Semua yang kami miliki adalah kemanusiaan, ungkapnya”

Sedangkan Yasemin Yavuz, seorang perempuan muda, mengatakan Meja Bumi adalah lawan dari meja-meja sultan.

“Dengan meja jamuan malam orang-orang ini, kami menarik perhatian pada kelaparan dan kemiskinan,” katanya.