Tetap Berolahraga Saat Berpuasa, Ini Tipsnya!

Berjalan santai adalah salah satu olahraga yang cocok saat berpuasa (Foto: BackandNeck)

Jakarta, Sayangi.com – Umumnya sebagian orang akan merasa malas untuk berolahraga ketika berpuasa. Namun demikian, aktivitas fisik sebenarnya akan membantu Anda tetap fit selama berpuasa, lho!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa tips melakukan olahraga selama berpuasa, antara lain:

Pilih Jenis Olahraga yang Tepat
Saat berpuasa Anda dianjurkan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan hingga sedang seperti berjalan santai, yoga, tai chi, dan bersepeda. Sebaliknya, olahraga dengan intensitas tinggi (high impact) dan berat akan membuat tubuh kehilangan banyak energi dalam waktu singkat. Jadi hindari jenis olahraga berat seperti senam aerobik dan jogging.

Waktu yang Tepat Berolahraga
Tak seperti hari-hari biasanya, waktu berolahraga di bulan puasa akan menjadi terbatas mengingat energi yang terbatas lantaran asupan nutrisi juga terbatas. Oleh karena itu, Anda juga harus cermat untuk memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia, dokter Alia Basalamah, mengatakan waktu terbaik untuk berolahraga adalah 30-60 menit sebelum buka puasa dan 60 menit setelah buka puasa, untuk membantu mempermudah rehidrasi.

Asupan Makanan dan Minuman yang Diperlukan
Saat berpuasa ramadhan, waktu makan akan berubah dibandingkan dengan hari biasanya. Porsi makan pun mungkin akan berubah. Namun tetaplah menjaga pola makan yang baik, tidak berlebih dan tidak kekuranga, serta makanlah makanan yang mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jangan lupa untuk menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.

Waktu Tidur yang Cukup
Waktu tidur atau istirahat yang cukup dapat membantu tubuh tetap prima saat menjalankan ibadah puasa serta aktivitas lainnya selama bulan Ramadhan. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang mungkin kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat. Bagi Anda para pekerja, dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk memejamkan mata.