Gayo Lues Aceh Dilanda Gempa

Foto Hikayat Banda
Foto Hikayat Banda

Gayo,Nangro Aceh,Sayangi.com– Kabupaten Gayo Lues Senin, pagi (29/5)dilanda gempa.  Gempa berkekuatan 5 skala Richter telah mengguncang daerah berjuluk “Negeri Seribu Bukit” itu.

“Untuk sementara, belum terdapat korban. Cuma rumah-rumah warga yang rusak.Rumah-rumah penduduk yang rusak karena gempa, kini sedang di data oleh Pemerintah Kabupaten Gayo Lues. Pusat gempa ada di Kecamatan Pantan Cuaca dari total 11 kecamatan di daerah berbukit tersebut.

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mencatat gempa bumi di Gayo Lues terjadi tepat pukul 04.54 WIB berlokasi di 4.15 Lintang Utara dan 97.20 Bujur Timur berkedalaman 10 kilometer.

Pusat atau titik gempa bumi yang berada pada 27 kilometer Barat Laut di Kabupaten Gayo Lues, tidak berpotensi tsunami.

“Informasi yang kami dapat dihimpun hanya terjadi kerusakan seperti kamar mandi rusak, dan televisi jatuh. Itu pun, disebagian tempat seperti di Desa Suri Musara, Kecamatan Pantan Cuaca.

Sedangkan di wilayah ibu kota kabupaten Blangkejeren, gempa hampir tidak menimbulkan dampak.

Diperlukan waktu dua jam dari Pantan Cuaca ke kota perjalanan (darat) ke arah Takengon (Kabupaten Aceh Tengah). Di kecamatan ini sinyal telepon seluler tidak seberapa bagus.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, warga di Gayo Lues menjadi panik. Gempa terjadi saat mereka selesai bersantap sahur di bulan puasa Ramadan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melaporkan “Sebagian warga Gayo Lues sempat panik, dan berhamburan keluar rumah. Guncangan dirasakan cukup keras. Pusat gempa terjadi di darat, dengan sifat dangkal.

Gempa juga dirasakan disebagian daerah di Provinsi Aceh seperti Kabupaten Bener Meriah II-III MMI, dan Kabupaten Bireun II-III MMI, imbuhnya.

“Hingga berita ini diturunkan BPBD Gayo Lues masih melakukan pendataan. Gempa ini, tidak berpotensi tsunami.