Berkas Buni Yani Dilimpahkan ke PN Bandung

Buni Yani / Foto: Istimewa

Bandung, Sayangi.com – Berkas perkara Buni Yani, tersangka pelanggaran UU ITE telah dilimpahkan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung, pada Senin (29/5).

“Penyerahan berkas perkara Buni Yani diserahkan oleh sekitar tiga petugas dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat ke ruangan Pidana Umum PN Bandung sekitar pukul 12.00 WIB,” kata Panitera Muda Pidana Pengadilan Negeri Bandung Iyus Yusuf, di Bandung, Senin.

Menurut dia, seiring dengan pelimpahan berkas tersebut maka dapat dipastikan Buni Yani akan disidangkan di PN Bandung dalam waktu dekat ini.

“Kami perkirakan paling lama sepuluh hari lagi sidangnya akan digelar,” ujar Iyus.

Ia mengatakan, berkas dengan nomor 674/PID-B/2017/PNBdg itu nantinya akan diproses kurang lebih 10 hari.

“Untuk prosesnya setelah masuk database, SOP naik ke Ketua PN Bandung, dan ditunjuk majelis hakim,” ujarnya.

Sementara itu terkait pengamanan pihaknya akan melihat terlebih dahulu dalam sidang perdana nanti. “Apabila dipandang tidak kondusif di sidang pertama, kita akan koordinasikan dengan pihak terkait,” kata dia.

Perkara Buni Yani berada di wilayah Depok, Jawa Barat, sehingga saat itu Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta menyerahkan kasus itu ke Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Buni Yani menjadi tersangka yang dijerat Pasal 28 ayat (2) UU Nomor 11/2008 tentang ITE karena memposting status bermuatan suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) melalui akun media sosial sehingga menimbulkan kebencian.

Tersangka Buni Yani pada 9 Januari 2016 memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjalani pemeriksaan sebagai tersangka yang diduga memposting status bermuatan SARA melalui akun media sosial sehingga menimbulkan kebencian.