Fahri: PKS-Demokrat Tidak Kirim Nama Pansus KPK

Fahri Hamzah

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan lima fraksi mengirimkan nama anggotanya dalam Panitia Khusus Hak Angket KPK, Fraksi PKS dan Fraksi Partai Demokrat tidak mengirimkan nama serta sisanya masih menunggu keputusan pimpinan pusat partai masing-masing.

“Ada fraksi yang menyatakan sementara tidak mengirim yaitu PKS dan Demokrat itu,” kata Fahri di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa.

Fahri mengatakan Pansus ini sudah terbentuk meskipun masih ada dua fraksi yang menyatakan tidak akan mengirimkan nama dan Pansus ini akan bekerja setelah 20 hari terbentuk.

Dia meminta agar fraksi yang lain segera menyusul dan memberikan namanya untuk menjadi anggota Pansus Hak Angket.

“Fraksi yang tidak terlibat dalam Pansus ini akan mendapatkan kerugian tersendiri kalau konstituennya bertanya,” ujarnya.

Fahri mencontohkan saat pembentukan Pansus Hak Angket Bank Century, Fraksi Demokrat merupakan fraksi yang menolak paling keras namun belakangan fraksi tersebut malah menjadi yang pertama mengirimkan nama untuk pembentukan Pansus tersebut.

Karena itu menurut dia, dengan komposisi lima fraksi yang sudah menyerahkan nama untuk Pansus Angket KPK, tidak menghambat kerja Pansus tersebut berjalan.

Sebelumnya, lima fraksi di DPR secara resmi mengirimkan anggotanya untuk masuk sebagai anggota Panitia Khusus Hak Angket untuk Komisi Pemberantasan Korupsi, dibacakan dalam Rapat Paripurna pada Selasa (30/5)

“Berdasarkan penayangan yang ada, lima fraksi telah mengirimkan nama-nama anggotanya dan berdasarkan rapat pengganti Bamus kemarin,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat memimpin Rapat Paripurna DPR, di Jakarta, Selasa.

Kelima fraksi itu adalah Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Nasdem, Fraksi Partai Hanura dan Fraksi PPP.

Berikut ini nama-nama yang dikirim menjadi anggota Pansus Hak Angket KPK:

1. Fraksi PDIP
– Masinton Pasaribu
– Eddy Kusuma Wijaya
– Risa Mariska
– Adian Yunus Yusak
– Arteria Dahlan
– Junimart Girsang

2. Fraksi Golkar
– Bambang Soesatyo
– Adies Kadir
– Mukhammad Misbakhun
– John Kennedy Azis
– Agun Gunanjar

3. Fraksi PPP
– Arsul Sani
– Anas Thahir

4. Fraksi NasDem
– Taufiqulhadi
– Ahmad HI M. Ali

5. Fraksi Hanura
– Dossy Iskandar.