Jadi Tersangka, Sekjen MUI Imbau Rizieq Segera Pulang ke Indonesia

Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas

Jakarta, Sayangi.com – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengimbau supaya Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab kembali ke tanah air untuk mengikuti proses hukum yang ada, mengingat saat ini status Rizieq adalah tersangka. Menurutnya, yang bersangkutan harus bisa menjelaskan persoalan yang tengah membelit dirinya supaya hal ini tidak berlarut-larut.

“Ya kalau orang sudah ditetapkan sebagai tersangka tentu yang dijadikan tersangka harus bisa menjelaskan. Makanya saya rasa begini saja, kita mengimbau Habib Rizieq kembali ke tanah air untuk mengikuti proses hukum yang ada,” kata Anwar saat dihubungi, Rabu (31/5).

Menurutnya, Penasehat hukum Rizieq, Eggi Sudjana sudah banyak memberikan keterangan di depan media. Tinggal sekarang, mendengar penjelasan Rizieq.

“Cuma kita harapkan juga bagaimana caranya Habib Rizieq pulang dengan tidak ada gangguan-gangguan yang membuat beliau ragu kembali ke Indonesia,” ujar Anwar.

Terkait kekhawatiran adanya gesekan jika Rizieq pulang ke tanah air, Anwar mengatakan, hal itu adalah tugas aparat kepolisian untuk menjamin prosesnya berjalan lancar.

“Ya itu kalau bisa polisi memberikan jaminan, kalau beiau pulang akan prosesnya berjalan dengan baik sesuai dengan UU yang ada dan berlaku di Indonesia,” tuturnya.

“Saya rasa semua pihak harus bisa mengendalikan diri supaya proses ini berjalan dengan baik. Si tersangka bisa menejalaskan secara baik,” tandasnya.