Polisi Anggap DPO Terhadap Rizieq Telah Sesuai Dengan Prosedur

Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Koordinator tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Eggi Sudjana berpendapat, kepolisian tidak perlu memasukkan Rizieq dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Pasalnya, menurut Eggy, keberadaan Rizieq sendiri telah diketahui oleh pihak kepolisian.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, DPO terhadap Rizieq yang dikeluarkan pihak Polda Metro Jaya sudah sesuai dengan ketentuan. Pasalnya, Rizieq telah beberapa kali mangkir dari panggilan polisi.

“Jadi kalau seseorang itu dipanggil sudah dua kali tak hadir. Kemudian dilakukan penangkapan dia tak ada, dicari pun tak ketemu, itu bisa dibuatkan DPO,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (1/6).

Argo juga menjelaskan, alasan polisi mengeluarkan DPO bukan hanya berlaku untuk kasus tertentu. Menurutnya, untuk semua kasus, polisi bisa saja mengeluarkan DPO bila diperlukan.

“Semua tindak pidana bisa dibuatkan pencarian orang, sama dengan barang bukti. Barang bukti itu ketika dicari, belum diketemukan itu bisa dibuatkan daftar pencarian barang DPB namanya,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai kemungkinan Rizieq dapat dijerat dengan pasal mengganggu penyidikan, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini belum dapat memastikan. Karena menurutnya, semua harus berlandaskan fakta hukum yang ditemukan.

“Nanti dilihat perkembangannya, kita harus lihat sesuai dengan fakta hukum. Nanti kita lihat ya, kan kami tak bisa berandai-andai,” kata Argo.