Hadapi Radikalisme, Kapolres Bekasi Minta Jajarannya Perkuat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Kapolrestro Kabupaten Bekasi Kombes Asep Adisaputra saat memberikan penguatan 4 Pilar Kebangsaan kepada jajarannya, Kamis (1/6)

Bekasi, Sayangi.Com– Kapolres Metro Kabupaten Bekasi Kombes Pol. Asep Adisaputra didampingi Wakapolres AKBP Putu Putera Sadana, Kamis (1/6), mengumpulkan para Kapolsek, Bhabinkamtibmas, dan seluruh PJU di jajaran Polres Metro (Polrestro) Bekasi, untuk menyampaikan arahan tentang pendalaman dan penguatan 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Aula Promoter Polres Metro Bekasi itu,  Kombes Pol. Asep Adisaputra menyampaikan arahan bahwa 4 Pilar Kebangsaan merupakan dasar terbentuknya Indonesia yang harus dirawat dan dijaga oleh seluruh komponen bangsa.

Kapolrestro Bekasi mengingatkan, sekarang ini bangsa Indonesia sedang mengalami ujian terkait 4 Pilar Kebangsaan, seperti antara lain dapat dilihat dari beredarnya informasi di media sosial yang bersifat provokatif dan mengandung konten radikalisme.

Asep Adisaputra meminta jajarannya, terutama Kapolsek dan Bhabinkamtibmas, untuk proaktif menjelaskan dan menyampaikan imbauan ke masyarakat tentang pentingnya implementasi 4 Pilar Kebangsaan sesuai dengan amanat Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Menurutnya, penjelasan dan imbauan ke masyarakat itu antara lain dapat disampaikan melalui kegiatan seperti Tarawih keliling (tarling), silaturahim dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama, memberikan informasi kepada DKM masjid, atau memberi sentuhan kepada adik-adik yang masih muda ke sekolah-sekolah.

“Terkait ormas yang melalukan radikalisme, kita dapat berikan peringatan keras karena itu merupakan tindakan Persekusi. Jadi jangan segan memperingatkan dengan tegas terhadap pelaku ormas yang melakukan tindakan persekusi atau intimidasi ke masyarakat,” kata Kombes Asep.