Kapolri Perintahkan Kepolisian Tindak Tegas Pelaku Persekusi

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian saat diskusi di kediaman Bursah Zarnubi di Kompleks Liga Mas Indah, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (1/6).

Jakarta, Sayangi.com – Kasus persekusi makin marak terjadi di Indonesia. Terkait hal itu, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian perintahkan seluruh jajaran kepolisian untuk menindak tegas dan memproses hukum para pelaku persekusi.

“Saya perintahkan kepada seluruh jajaran kalau ada lagi seperti itu lagi, jangan takut, saya akan back-up, tindak tegas sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” kata┬áTito, saat ditanya wartawan di acara buka puasa bersama dan diskusi dengan aktivis di kediaman Bursah Zarnubi, di Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (1/6) malam.

Kapolri menyatakan, kasus persekusi yang terjadi di beberapa daerah menjadi perhatian khusus Mabes Polri saat ini. Menurutnya, tindakan tegas harus diambil oleh kepolisian untuk memberikan efek jera kepada pihak lain yang berencana melakukan perbuatan yang sama. Pasalnya, jika dibiarkan, tindakan serupa menjadi pembenaran dan diikuti oleh kelompok massa lainnya.

Dalam hal ini, Tito langsung menginstruksikan Kapolres Jakarta Timur Kombes Andry Wibowo untuk memproses hukum pelaku persekusi terhadap bocah 15 tahun. Tak hanya itu, pelaku tindakan persekusi kepada dr di Solok Sumatera Barat dan sejumlah netizen korban persekusi lainnya harus segera diproses hukum. Tito meminta pimpinan polres dan polda untuk melakukan penangkapan terhadap para pelaku.

Tito menghimbau masyarakat untuk tidak main hakim sendiri dan mematuhi proses hukum di Indonesia.

“Tidak boleh main hakim sendiri. Kalau ada apa-apa, laporkan ke kepolisian. Tidak boleh lakukan sendiri yang melanggar hukum,” tegas Tito.

Menurut laporan Kapolres Jakarta Timur, satu pelaku persekusi bocah 15 tahun di Cipinang baru-baru ini sudah ditangkap. Pihaknya masih akan terus melakukan penyelidikan dan penangkapan pelaku-pelaku lainnya.