Tips Berwisata Asyik di Bulan Puasa

Berwisata saat puasa ramadhan juga bisa tetap menyenangkan (Foto: Smartmeeting)

Jakarta, Sayangi.com – Puasa bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan aktivitas seperti perjalanan wisata. Kendati memang bukan hal yang mudah untuk menahan lapar dan haus seharian dengan sejumlah aktivitas di tempat wisata, namun dengan beberapa tips berikut ini, liburan Anda tetap bisa menyenangkan.

Catat Waktu Sahur, Imsak, dan Berbuka di Tempat Tujuan
Ketika merencanakan liburan ke suatu daerah di bulan puasa, jangan lupa untuk mencatat soal waktu sahur (subuh) dan berbuka (maghrib) di destinasi wisata. Untuk mengetahui waktu imsak, berbuka, sampai kiblat shalat, Anda bisa mengunduh aplikasi khusus Muslim di smartphone Anda. Aplikasi Muslim Pro, misalnya, bisa mengingatkan Anda pada waktu adzan, termasuk subuh dan maghrib.

Asupan Nutrisi dan Gizi Saat Sahur
Agar tubuh tetap fit saat berpuasa dan beraktivitas di destinasi wisata, Anda perlu asupan nutrisi sehat saat sahur. Pastikan asupan karbohidrat, protein, dan serat tercukupi. Pilihlah menu, nasi, lauk pauk, dan jangan lupa untuk melengkapi nutrisi dengan mengonsumsi buah-buahan. Namun yang pelru juga diperhatikan, Anda harus cermat dalam membeli makanan untuk sahur dan berbuka. Pastikan makanan tersebut bersih dan tidak memicu diare atau asam lambung.

Asupan Cairan dan Vitamin
Jalan-jalan di siang hari biasanya membuat orang lebih cepat haus dan dehidrasi. Tapi, selama puasa, Anda bisa menyiasati hal tersebut dengan mengkonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka puasa. Jika diperlukan, konsumsilah suplemen vitamin untuk mendukung aktivitasmu selama berpuasa.

Pilihlah Destinasi Ramah Muslim
Ketika traveling di bulan Ramadhan sebaiknya Anda memilih destinasi-destinasi yang ramah bagi umat muslim. Agar lebih mudah mencari makanan untuk berbuka. Jika Anda traveling ke negara yang mayoritas penduduknya non muslim, cobalah cari tempat yang banyak penduduk Muslimya. Di sana bisa jadi tempat kamu cari menu berbuka puasa untuk menemukan berbagai makanan halal.

Tidak Melakukan Aktivitas Berat di Destinasi Wisata
Untuk menghemat tenaga, ada baiknya Anda tidak melakukan aktivitas berat selama berpuasa di destinasi wisata. Singkirkan dulu keinginan mendaki gunung, trekking, atau main arung jeram. Jangan lupa untuk tidak membawa barang-barang terlalu berat di daily backpack Anda saat mengunjungi objek wisata.

Rasakan Moment Buka Puasa di Masjid Setempat
Anda bisa memanfaatkan bulan Ramadan untuk berwisata religi. Tak hanya mengunjungi daerah-daerah ramah muslim, Anda juga bisa turut memperkaya pengetahuan dengan mengunjungi masjid-masjid ikonik di destinasi tujuan wisata Anda. Rasakan juga moment berbuka puasa di masjid-masjid tersebut.