Kian Meresahkan, Polisi akan Tembak Langsung Geng Motor

Ilustrasi / Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Keberadaan geng motor akhir-akhir ini sudah sangat meresahkan. Pasalnya geng motor tidak segan-segan lagi untuk menganiaya korbannya dengan menggunakan senjata tajam.

Menanggapi hal tersebut, Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho berjanji akan menindak tegas komplotan geng motor yang melanggar hukum. Polisi, lanjut Rudy, bila perlu akan melakukan tindak penembakan, bila anggota geng motor melakukan perlawanan.

“Maka jawabannya, tembak kaki. Tembak di tempat sesuai SOP yang ada pada kami,” ujar Rudy saat dihubungi wartawan, Jumat (2/6)

Ia juga mengatakan setiap anggota punya kebijakan diskresi dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, polisi akan melakukan tindakan tegas terhadap anggota geng motor yang meresahkan.

“Perintah Kapolda dan Kapolri, tembak di tempat sesuai standar operasi prosedural (SOP) penegakan hukum,” tegasnya.

Rudy juga mengaku telah berkoordinasi dengan para Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya agar mengurangi tindakan patroli. Pasalnya tindakan patroli hanya membuat geng motor sembunyi sesaat dan muncul kembali bila patroli telah usai.

“Sekarang tidak lagi. Harus disapu dan diproses hukum. Biar hakim yang memutuskan apa ganjaran bagi mereka, baik yang sudah berumur atau yang masih di bawah umur,” jelasnya.

Lebih jauh Rudy menjelaskan, tindakan penganiayaan yang dilakukan anggota geng motor tidak dapat dibenarkan. Menurutnya hal tersebut bukan lagi kenakalan remaja, akan tetapi sudah masuk tindak kriminal.

“Bukan lagi sebatas kenakalan remaja, tetapi sudah tindakan kriminal, melukai, menganiaya, bahkan merampok korban. Kami sudah tidak bisa mentolerir situasi tersebut,” pungkasnya. (iy)