Kisruh Pemakaman Yana Zein: Beragama Kristen di KTP, Dimakamkan Secara Islam

Pemakaman Yana Zein (Foto: Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Kematian Yana Zein telah meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga dan kerabat. Namun rupanya tak hanya duka, kepergian Yana juga meninggalkan misteri terkait agama yang dianutnya. Hal tersebut menimbulkan kisruh pelik, ayah dan ibu kandung Yana Zein berdebat soal agama dan cara pemakaman mendiang anaknya itu.

Swetlana, sang Ibu menuturkan bahwa sang putri memeluk agama Kristen saat ajal menjemput. Hal tersebut dtegaskan oleh Swetlana, bahwa di KTP Yana jelas tertulis beragama Kristen.

“KTP aja Kristen, waktu sakit keras Yana tolong kalau ada apa-apa saya mau dikuburkan dengan (secara) kristen. Agama semua sama, saya kira berhak memilih.
Yana ada tandatangan sendiri kalau dia jadi Kristen,” ujar Swetlana di rumah duka, Jumat (2/6/2017).

Namun tidak demikian dengan sang ayah, Nurzaman Zein yang pagi ini baru tiba di Jakarta menuturkan bahwa Yana adalah seorang muslimah dan meninggal secara khusnul khotimah.

“Saya memberikan informasi atas nama anak saya namanya Suryana Nurzaman Zein (Yana Zein), saya adzan kan telinga dia dan saya ajarkan dia puasa dan mengaji. Kalau anak saya meninggal masuk Kristen itu nihil, saya ke sini datang dari Sumatera langsung ke sini niat saya untuk mengembalikan anak saya dari Kristen menjadi Islam,” ujarnya Jumat (2/5/2017).

“Saya akan menandatangani surat, saya tidak setuju kalau dia masuk Kristen, saya mau anak saya dikubur di Islam biar masuk surga. Kalau harta saya nggak mau satu sen pun,” tukasnya.

Lebih lanjut Nurzaman meminta agar semua pihak tidak mempermasalahkan perihal cara pemakaman Yana.

“Dia meninggal di bulan Ramadan. Dia meninggal dengan khusnul khotimah. Saya mohon ini bisa dikuburkan secara damai tolong dibantu, ini ada bukti sebagai manusia untuk memilih” ujar Nurzaman lagi.

Usai perdebatan kedua orangtua, akhirnya proses dan tata cara pemakaman dilakukan menurut kehendak sang ayah. Yana dikafankan dan dimakamkan secara Islam. Yana akan dishalatkan di Masjid Cinere sebelum akhirnya dimakamkan di TPU Gandul, Cinere, Depok.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Yana Zein meninggal pada 1 Juni kemarin di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jaksel lantaran penyakit kanker getah bening stadium 4 yang dideritanya. Publik sangat kaget dengan kepergian bintang sinetron “Tersanjung” ini, pasalnya beberapa hari sebelum meninggal Yana dikabarkan sudah hampir sembuh dari kanker payudara stadium akhir. Sebelum meninggal, Yana ¬†terlihat selalu memegang tasbih ketika berada di rumah sakit. Yana juga pernah mengungkapkan bahwa dirinya belum siap mengenakan hijab.

Beberapa hari setelah kepulangannya dari pengobatan di Tiongkok, kondisi Yana drop dan koma. Yana dikabarkan mengalami penumpukan cairan di kedua paru-parunya. Akhirnya Yana menghembuskan nafas terakhirnya di usia 44 tahun.