Mabes Polri Mutasi 109 Pati dan Pamen, Paulus Waterpau Jadi Kapolda Sumut

Irjen Pol. Paulus Waterpau /Foto: worldpress.com

Jakarta, Sayangi.Com– Mabes Polri kembali melakukan mutasi dan pengangkatan terhadap 109 perwira tinggi dan perwira menengah di jajaran Polri. Keputusan itu tertuang dalam surat telegram Kapolri tertanggal 2 Juni 2017 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Polri Irjen Pol. Arief Sulistyanto.

Berdasarkan copy surat telegram yang diterima sayangi.com, Sabtu (3/6) pagi, Wakabaintelkam Irjen Paulus Waterpau diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sumut menggantikan Irjen Rycko Amelza Dahniel. Sedangkan Irjen Rycko dimutasi ke jabatan baru sebagai Gubernur Akademi Kepolisian (Akpol).

Karorenmin Baintelkam Brigjen Lucky Hermawan dipromosikan menjadi Wakabaintelkam Polri yang semula ditempati oleh Irjen Paulus Waterpau.

Beberapa mutasi lainnya yang cukup menonjol adalah Irjenpol Alberto P Simanjuntak yang semula menjabat staf ahli sosbud Kapolri diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakalemdiklat Polri. Irjen Pol Musyafak yang sebelumnya menjabat Wakalemdiklat dimutasi menjadi Pati Lemdiklat Polri dalam rangka pensiun.

Posisi staf ahli sosbud Kapolri yang kosong akan dijabat oleh Brigjen Tugas Dwi Apriyanto yang sebelumnya menjadi Kapolda Maluku Utara. Kapolda Maluku Utara selanjutnya akan dijabat oleh Brigjen Pol. Achmat Juri.

Staf Ahli Sosek Kapolri Irjen Pol M. Amhar Azeth dimutasikan menjadi Pati Staf Ahli Kapolri juga dalam rangka pensiun. Posisi staf ahli sosek Kapolri akan dijabat oleh Brigjen Gatot Edy Pramono yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sulsel. Sedangkan posisi Wakapolda Sulsel selanjutnya akan dijabat oleh Brigjen Pol. Mas Guntur Laupe.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol. Wahyu Hadiningrat dimutasi ke posisi baru sebagai Pamen Bareskrim Polri (diarahkan menjadi wakil direktur siber). Posisi Dirreskrimsus Polda Metro Jaya selanjutnya akan dijabat oleh Kombes Adi Deryan Jayamarta