Malas Makan Sahur, Ini Tips Untuk Tetap Fit Saat Berpuasa

Jakarta, Sayangi.com – Makan sahur memiliki peranan penting sebagai bekal bagi seorang muslim agar dapat menjalankan puasa dengan kondisi tubuh yang maksimal. Namun terkadang ada sebagian orang yang merasa enggan untuk bangun makan sahur. Sebagian orang kerap bangun sahur mendekati waktu imsak hanya untuk minum karena malas makan sahur. Hal ini bisa mempengaruhi kondisi tubuh saat menjalankan puasa.

Jika Anda merupakan salah satu yang demikian, mungkin tips berikut ini akan membantu Anda untuk tetap fit berpuasa.

Minum Susu Saat Sahur
Mochamad Aldis Ruslialdi SKM CNWC, pakar kesehatan dan nutrisi menganjurkan, seseorang yang tidak sempat sahur dengan menu makanan lengkap, setidaknya dapat mengonsumsi susu rendah lemak dan tinggi protein. Hal tersebut untuk menggantikan kekurangan gizi dari lauk pauk makanan pokok yang harusnya dikonsumsi.

Buah dan Sayur Saat Sahur
Selain mengonsumsi susu saat sahur, Anda juga bisa menambah asupan nutrisi melalui buah dan sayur. Pasalnya jika hanya mengonsumsi susu, perut akan mudah merasa lapar.

Perbanyak Minum Air Putih
Asupan cairan tetap sangat penting untuk menunjang kondisi tubuh Anda selama berpuasa. Asupan cairan ini akan melindungi Anda dari dehidrasi ketika menjalankan puasa.

Walau bagaimanapun, makanan dengan gizi seimbang saat sahur sangatlah penting agar tubuh tidak mudah lemas di siang hari saat berpuasa. Tubuh perlu memenuhi asupan nutrisi berupa karbohidrat, protein dan serat.

Jadi, alangkah lebih baik jika Anda membiasakan diri untuk bangun dan makan sahur dengan menu yang sehat. Karena bulan ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, maka jangan lewatkan setiap kesempatan untuk mendapatkan pahala dari aktivitas yang Anda lakukan.