Gebuk Juventus 4-1, Real Madrid Juara Liga Champions 2017

Ronaldo dipeluk rekan-rekannya usai mencetak gol pertama ke gawang Juventus /Foto: EPA

Cardiff, Sayangi.Com– Real Madrid berhasil menjadi juara Liga Champions 2016-2017 setelah mengalahkan Juventus dengan skor 4-1, pada laga final yang berlangsung di Stadion Millenium, Cardiff, Wales, Sabtu (3/6) malam atau Minggu dini hari WIB.

Kemenangan ini menjadikan Real Madrid satu-satunya tim yang memenangkan Liga Champions 12 kali. Sedangkan bagi Juventus, ini adalah kekalahan yang menyakitkan karena pada final Liga Champions dua tahun lalu juga kalah dari Barcelona dengan skor 1-3.

Empat gol Real Madrid dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit ke-20 dan menit ke-64, Carlos Casemiro di menit ke 61 dan Marco Asensio di menit ke-90. Sedangkan satu-satunya gol Juventus dicetak oleh Mario Mandzukic pada menit ke-27 babak pertama.

Juventus yang menyimpan dendam karena ditumbangkan tim asal Spanyol pada final Liga Champions dua tahun lalu, mengawali pertadingan dengan cemerlang. Namun beberapa peluang emas Juve di awal babak pertama tidak berbuah gol berkat penampilan gemilang penjaga gawang Real Madrid Keylor Navas.

Justru Real Madrid yang lebih dulu mencetak gol melalui tendangan keras Cristiano Ronaldo pada menit ke-20. Menerima umpan Dani Carvajal, Ronaldo melakukan tendangan first time dari jarak sekitar 20 meter ke pojok kanan gawang Gianluigi Buffon.

Juventus yang sebetulnya lebih mendominasi permainan dan punya lebih banyak peluang baru dapat menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui tendangan spektakuler Mario Mandzukic. Mendapat umpan dari Gonzalo Higuain, Mandzukic yang dalam posisi setengah membelakangi gawang Madrid melepas tendangan overhead melengkung yang tak dapat dijangkau Keylor Navas.

Setelah kedudukan 1-1 kedua tim tampil saling menyerang namun tak ada tambahan gol hingga babak pertama usai.

Tendangan akrobatik Mario Mandzukic di menit ke-27 yang menyamakan kedudukan menjadi 1-1 /Foto: Reuters

Di babak kedua, kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang. Tapi keberuntungan ternyata ada di pihak Madrid. Pada menit ke-61, Casemiro melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak dapat dijangkau Buffon.

Belum hilang rasa terkejut pemain Juventus, 3 menit kemudian Ronaldo mencetak gol keduanya hingga mengubah kedudukan menjadi 3-1 untuk keunggulan Real Madrid.

Pelatih Madrid Zidane melakukan dua pergantian pemain, yakni menarik Karim Benzema dan memasukkan Gareth Bale pada menit ke 77 serta memasukkan Marco Asensio pada menit ke-83 dan menarik keluar Isco. Juventus juga menarik Paulo Dybala dan memasukkan Mario Lemina.

Pada menit ke-84 petaka menimpa Juventus saat Juan Cuadrado mendapat kartu kuning kedua dan diusir wasit akibat pelanggaran sepele, yakni mendorong Sergio Ramos yang jatuh berguling-guling di depan wasit sambil meringis mencengkeram kakinya.

Di akhir babak kedua Marco Asensio berhasil mencetak gol hingga menambah keunggulan Madrid menjadi 4-1.

Susunan Pemain:

Juventus (3-4-2-1): Gianluigi Buffon, Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci; Alex Sandro, Miralem Pjanic, Sami Khedira, Dani Alves; Paulo Dybala, Mario Mandzukic; Gonzalo Higuain

Cadangan: Neto, Medhi Benatia, Stephan Lichsteiner, Claudio Marchisio, Kwadwo Asamoah, Juan Cuadrado, Mario Lemina
Pelatih: Massimiliano Allegri

Real Madrid (4-3-1-2): Keylor Navas, Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo, Casemiro, Toni Kroos, Luka Modric; Isco; Karim Benzema, Cristiano Ronaldo

Cadangan: Kiko Casilla, Danilo, Nacho Fernandez, Mateo Kovacic, Gareth Bale, Marco Asensio, Alvaro Morata
Pelatih: Zinedine Zidane

Wasit: Felix Brych