Menjelang Buka Puasa Sukabumi Diterjang Puting Beliung

Ilustrasi Puting Beliung yang menerjang Sukabumi. Foto Kemenkes
Ilustrasi Puting Beliung yang menerjang Sukabumi. Foto Kemenkes

Sukabumi,Sayangi.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyatakan belasan rumah di Kampung Nangerang dan beberapa fasilitas umum rusak diterjang puting beliung Sabtu kemarin.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, Minggu (4/6), mengatakan hasil pendataan sementara bersama oramil 0713/Cicurug, bencana yang terjadi di RT04 dan 02, RW02, Desa Nangerang, Kecamatan Cicurug, menyebabkan 11 rumah dan satu posyandu di Kampung Babakansari, Perumahan Puri Iska, rusak.

Ia menjelaskan puting beliung berawal kondisi cuaca yang cukup terik dihari Sabtu, (3/6) namun menjelang berbuka puasa tiba-tiba turun hujan deras dan tidak begitu lama datang puting beliung.

Bencana ini sempat membuat panik warga sekitar. Apalagi saat kejadian dekat dengan waktu berbuka puasa.

Mayoritas bagian rumah yang rusak pada atapnya, seperti genting dan beberapa bagian lainnya.

Hingga saat ini, BPBD, relawan dan Muspika Cicurug masih melakukan pendataan dan mengategorikan kerusakan.

Ia mengatakan tidak ada korban pada musibah itu, namun belum diketahui berapa kerugian akibat bencana tersebut.

“Untuk bantuan darurat berupa pangan dan sandang sudah kami salurkan kepada warga yang menjadi korban bencana. Selain itu secara bergotong royong warga yang dibantu muspika setempat membersihkan puing dan memperbaiki bangunan yang kategorinya masih rusak ringan,” ungkapnya.

Sumber: Antara