Teror London: Van Menabrak Pejalan Kaki Kemudian Menikamnya

Foto The Telegraph
Foto The Telegraph

London, Inggris, Sayangi.com- Kepolisian Inggris mengatakan sedang menangani beberapa “insiden” di London Bridge, di dekat Borough Market Sabtu malam (3/6).

Setidaknya dua orang telah terbunuh dan dan beberapa orang terluka dalam sebuah kejadian di selatan Sungai Thames. Para saksi mata melaporkan sebuah mobil keluar dari jalur dan menabrak sejumlah pejalan kaki. Sebuah insiden secara terpisah terjadi di Vauxhall , kata polisi

Kepolisian Metropolitan London mengatakan sejumlah petugas bersenjata telah dikirim ke lokasi-lokasi tersebut dan melepaskan beberapa tembakan. Belum diketahui apakah tembakan itu berasal dari petugas tersebut atau pihak lain.

Namun Kepolisian Metropolitan itu memasang pesan di Twitter, mengingatkan orang-orang di kawasan itu untuk lari menyelamatkan diri, bersembunyi dan segera menelepon polisi jika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

Sementara itu saksi-saksi mata ditempat kejadian melaporkan sebuah kendaraan menabrak sejumlah pejalan kaki dan korban yang luka-luka terkapar di jalan di atas jembatan.

Salah seorang saksi mata Holly Jones mengatakan pada BBC, sebuah mobil jenis van berwarna putih keluar dari jalur dan menabrak sedikitnya enam orang. Ia melihat sedikitnya empat orang luka-luka dan terkapar di jalan.

Evakuasi di London Bridge.Foto Jeff More
Evakuasi di London Bridge.Foto Jeff More

Saksi lainnya Will Heaven mengatakan ia melihat orang yang tampaknya korban tabrakan, dilarikan dengan ambulans. “Kami melihat beberapa orang luka di jalan,” ujarnya pada Sky News. Heaven menambahkan sejumlah polisi bersenjata telah tiba di lokasi.

Otorita urusan transportasi di London mengatakan atas permintaan polisi, London Bridge dan dua lokasi lain kini ditutup untuk umum.

Melaui Twitternya, Presiden AS Donald Trump menawarkan bantuan ke Inggris “Apa pun yang bisa dilakukan Amerika Serikat untuk membantu di London dan Inggris, kita akan berada di sana – kita bersamamu.Berkah Emas, ungkap Trumps dalam Tweetnya.

Kantor Perdana Menteri Theresa May mengatakan “sudah melakukan kontak dengan pejabat-pejabat berwenang dan mendapat informasi tentang insiden di London Bridge itu.” Associated Press melaporkan Perdana Menteri Theresa May akan melangsungkan rapat komite darurat pemerintah hari Minggu (4/6).

Insiden ini terjadi kurang dari tiga bulan setelah seorang menyerang menabrak sejumlah pejalan kaki di Westminster Bridge, menewaskan empat orang dan kemudian menikam seorang polisi hingga tewas di luar gedung parlemen.

Insiden ini terjadi kurang dari dua minggu setelah pemboman bunuh diri di Manchester dan hanya tiga bulan setelah seorang menembaki sejumlah pejalan kaki di Westminster Bridge, menewaskan empat orang, sebelum menikam seorang polisi hingga tewas di luar gedung parlemen.

Sumber: telegraph.co.uk