Turki Serukan Perundingan Atas Sengketa Qatar Dengan 4 Negara Arab

Doha, ibu kota Qatar, yang penuh dengan gedung pencakar langit modern /Foto: getty Images.

Ankara, Sayangi.Com– Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Senin menyatakan merasa sedih atas keretakan hubungan Qatar dengan negara-negar Arab lainnya, dan menyerukan perundingan untuk menyelesaikannya.

“Kami menginginkan ketenangan di kawasan Teluk sebagai kesatuan dan kesetiakawanan kami,”  kata Cavusoglu dalam jumpa pers, Senin (5/6), seperti dikutip Reuters.

“Tentu saja, setiap negara memiliki beberapa masalah, tapi pembicaraan harus dilakukan agar masalah dapat diselesaikan secara damai. Kami sedih melihat gambaran saat ini dan akan memberikan dukungan apa pun untuk pemulihannya,” kata Cavusoglu.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar pada Senin (5/6) karena menuduh Qatar mendukung pendanaan kegiatan terorisme.

Kementerian Luar Negeri Turki menyatakan kesetiakawanan kawasan diperlukan lebih daripada sebelumnya dalam masa ketidakpastian dan kemelut mendalam di berbagai negara di kawasan tersebut.

“Turki siap melakukan apa pun dibutuhkan untuk menemukan penyelesaian dalam waktu singkat atas ketidaksepakatan di antara negara persaudaraan tersebut,” katanya.