Polda Metro Jaya Siap Membantu Rencana Penertiban Kembali Kalijodo

Bangunan liar di kolong tol Kalijodo

Jakarta, Sayangi.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, akan menertibkan kembali bangunan liar yang berada di kolong tol Pluit seberang RPTRA Kalijodo. Rencananya penertiban itu akan dilakukan pada pekan depan, dan diharapkan selesai sebelum Lebaran.

Menanggapi hal tersebut, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan mengatakan, hingga saat ini belum ada permintaan pengamanan dari Pemprov DKI Jakarta saat penertiban. Oleh karena itu, Iriawan menjelaskan pihaknya akan berkomunikasi dengan Pemprov mengenai hal tersebut

“Mengenai soal penertiban di Kalijodo, kita nanti akan komunikasikan dengan Pemda,” ujar Iriawan di Jakarta, Selasa (6/6).

Iriawan juga mengaku, pihaknya siap membantu Pemprov DKI untuk melakukan penertiban di kawasan Kalijodo. Jadi nantinya, lanjut Iriawan, Satpol PP bersama dengan kepolisian sama-sama menjaga keamanan selama penertiban.

“Kita pasti bantu, nggak ada chaos-chaos gitu. Itu kan tempat umum, malulah itu punya rakyat,” tuturnya.

Mengenai kabar ditemukannya narkoba di kawasan Kalijodo, Iriawan mengaku belum mengetahui persis kabar tersebut. Akan tetapi bila kabar tersebut benar, Iriawan berjanji akan menindak tegas.

“Kalau ada narkoba ya tindak pidana, kita akan melakukan tindakan. Kalau penertiban itu kan Pemda, kalau narkoba jelas kita,” tegasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat peringatan kepada warga Kalijodo untuk membongkar bangunan liarnya itu sendiri. Akan tetapi, surat peringatan itu tidak mendapatkan reaksi apa pun dari warga disana.