Safari Ramadhan ke Rembang, Kapolri Buka Puasa Bersama Gus Mus dan Mbah Maemun

Gus Mus saat memberikan tausiyah dalam acara buka puasa bersama Kapolri Tito Karnavian di Rembang, Selasa (6/6) sore /Foto: istimewa

Rembang, Sayangi.Com– Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Selasa (6/6) sore, berkunjung ke Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin di Leteh, Rembang, Jawa Tengah, yang diasuh oleh KH Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus.

Kapolri tiba sekitar Pukul 16.00 WIB dan disambut oleh Gus Mus serta sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Maemun Zubaer atau Mbah Maemun yang sudah tiba terlebih dulu di kediaman Gus Mus.

Dalam silaturahmi di pesantren Gus Mus itu, hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Sabrar Fadhilah, perwakilan MUI, perwakilan Muhammadiyah, dan perwakilan Kementerian Agama Jawa Tengah.

“Ini baru pertama kali saya mampir di sini. Selama ini saya hanya dengar nama besar Gus Mus dan Mbah Maemun, tapi belum pernah ketemu beliau. Saya bersyukur di bulan suci Ramadhan ini bisa bertemu dua sosok ulama yang menyejukkan dan punya pengaruh besar terhadap perkembangan bangsa,” kata Kapolri, saat ramah tamah menjelang buka puasa bersama.

Tito mengungkapkan, kunjungannya ke Rembang untuk meminta tausyiah dan dukungan kepada Gus Mus dan Mbah Maemun terkait situasi bangsa saat ini yang agak memanas di beberapa daerah akibat menguatnya isu perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Padahal, para pejuang dan pendiri bangsa ini telah banyak berkurban untuk menyatukan Indonesia di tengah keberagaman yang ada.

Foto bersama Kapolri Tito Karnavian dengan Gus Mus, Mbah Maemun, Ganjar Pranowo, dan sejumlah hadirin sebelum buka puasa bersama di Rembang, Selasa (6/6)

Kapolri menekankan pentingnya sinergi ulama-umaro untuk kemajuan bangsa Indonesia. Ulama dan pesantren, katanya, punya peran strategis dalam menjaga eksistensi NKRI dan pembangunan melalui ajaran-ajaran yang moderat dan toleran.

Kapolri (kiri) bersama Mbah Maemun, Ganjar Pranowo, dan Irjen Pol Condro Kirono

Dalam sambutannya, Gus Mus menyampaikan terima kasih kepada Kapolri yang bersedia berkunjung ke Rembang. Gus Mus mendoakan Kapolri bersama jajarannya sebagai pengayom masyarakat semoga diberi kekuatan lahir dan batin, serta kesabaran dalam menjaga rumah bersama, yakni Indonesia. “Semoga tetap menjadi pengayom dan pelayan masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Seusai dari Rembang, Kapolri akan bermalam di Semarang dan Rabu (7/6) pagi dijadwalkan meninjau kesiapan jalan tol untuk musim mudik Lebaran 2017 di wilayah Pemalang.