Rabu Pagi Jokowi Lantik UKP Pancasila: Yudi Latif Ketua, Megawati Pengarah

Yudi Latif saat menjadi Pembicara dalam Latihan Kepemimpinan Kebangsaan yang digelar PGK, di Puncak Bogor, Jumat (31/3)
Yudi Latif

Jakarta, Sayangi.Com– Presiden Joko Widodo akan melantik personel Unit Kerja Presiden bidang Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) pada Rabu (7/6).

“Pelantikan besok,” kata Jokowi, saat ditanya wartawan pada acara buka puasa bersama di kediaman Ketua DPD Oesman Sapta Odang, di Jakarta Selatan, Selasa (6/6) malam.

Jokowi tak mau menjawab pertanyaan wartawan tentang siapa saja personel yang akan ditempatkan di unit kerja Presiden setingkat kementerian itu. “Nanti, pada saat dilantik semua juga akan tahu,” ujarnya.

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno di Kompleks Kantor Kepresidenan, Selasa (6/6) siang, mengatakan acara pelantikan personel UKP-PIP akan dilaksanakan pada Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB di Istana Merdeka, Jakarta.

Pratikno hanya mengatakan ada sembilan orang yang akan dilantik. “Namanya Enggak usah sekarang. Besok biar surprise,” katanya.

Saat wartawan mengkonfirmasi tentang nama-nama yang telah beredar di publik, yang disebut-sebut akan mengisi lembaga tersebut, Pratikno menjawab diplomatis: “Ini enggak tahu draf kapan. Tapi sebagian benar.”

Pratikno meminta publik menunggu sampai Rabu, untuk kepastian siapa saja yang akan duduk di Dewan Pengarah dan Dewan Eksekutif UKP-PIP.

Nama-nama yang beredar

Berdasarkan nama-nama yang beredar di publik, dan diterima Sayangi.Com, personel UKP PIP yang akan dilantik berjumlah 10 orang, terdiri dari 9 Dewan Pengarah dan seorang Kepala unit kerja.

Mereka adalah:

1. Kepala UKP-PIP: Yudi Latif, Ph.D

Dewan Pengarah:

1. Megawati Soekarnoputri
2. Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno
3. Prof. Dr. Mahfud MD
4. Prof. Dr. Syafi’i Ma’arif
5. KH Ma’ruf Amin
6. Dr. KH Said Aqil Siradj
7. Pdt. Dr. Andreas Anangguru Yewangoe
8. Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, S.I.P
9. Sudhamek