Gelombang Laut Tinggi : Nelayan Kulon Progo Menggantungkan Jala

Ilustrasi Gelombang tinggi. Foto Klikapa.com
Ilustrasi: Gelombang tinggi

Kulon Progo, DIY Sayangi.com – Nelayan pantai selatan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Karena kondisi gelombang kurang bagus sejak satu bulan terakhir Nelayan pantai selatan di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak melaut.

Anggota nelayan Pantai Trisik, Dwi Putra, di Kulon Progo, Rabu dini hari (7/6) “Gelombang laut di pantai selatan cukup tinggi, sehingga nelayan memilih tidak melaut sementara. Kalau memaksa melaut, hasil tangkapan ikan tidak menutupi biaya operasional,” .

Sementara ini nelayan kabupaten kulonprogo gantung jaring. WordPress.com
Sementara ini nelayan kabupaten kulonprogo gantung jaring. WordPress.com

Ia mengatakan sejak hasil tangkapan ikan sangat sedikit dan gelombang laut kurang bagus, nelayan beralih menanam cabai, melon, semangka dan mengembangkan tambak udang.

“Nelayan Trisik itu mata pencahariannya bertani, petambak dan sekaligus nelayan. Saat hasil tangkapan ikannya turun, nelayan memilih bertani dan budi daya tambak udang,” katanya.

Akhir akhir ini, gelombang pantai selatan memang sangat tinggi. Sehingga, nelayan lebih memilih tidak melaut sementara untuk keselamatan nelayan itu sendiri.