Jenazah Yana Zein Dimandikan dengan Deterjen dan Bakal Dipindah ke TPU Lain

Pemakaman Yana Zein (Foto: Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Nurzaman Zein, ayah almarhum Yana Zein mengungkap fakta proses saat memandikan jenazah putrinya. Nurzaman mengungkapkan, ia memandikan jenazah Yana dengan menggunakan deterjen pembersih.

Apa alasannya?

Nurzaman mengatakan penggunaan deterjen tersebut agar jenazah Yana Zein bersih dari formalin yang menempel ditubuh pesinetron “Cinta di Langit Taj Mahal” itu.

“Iya pakai deterjen. Itu agar formalinnya lepas, agar yana sempurna bersihnya. Deterjen kan bisa membersihkan yang kotor, lemak, lemak kan, hanya itu,” ujar Nurzaman saat acara tahlilan yang digelar di Komplek Buncit Indah di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2017).

Ia menambahkan, penggunaan deterjen untuk membersihkan jenazah Yana hukumnya tidak diharamkan, justru demikian tersebut dilakukannya agar jenazah Yana bersih sempurna dari formalin.

“Formalin itu kan lemak-lemak yang bisa menutup kulitnya supaya jangan busuk, itu yang harus dibersihkan. Kita bersihkan tiga kali kemarin pakai deterjen, enggak haram karena itu pembersih kan,” papar Nurzaman.

Seperti diketahui, jenazah Yana kala itu dimandikan ulang karena akan dimakamkan secara islam. Sebelumnya ia disemayamkan dua hari di Rumah Duka RS Fatmawati dengan cara nasrani. Dan kemudian dimakamkan di TPU Gandul, Cinere dengan cara Islam.

Kini, belum genap seminggu Yana Zein dimakamkan, sang Bunda Swetlana Zein mengunkapkan keinginannya untuk memindahkan jenazah Yana dari Tempat Pemakaman Muslim (TPM) Gandul Cinere ke TPU yang lebih baik menurutnya.

Terkait hal tersebut, ayah Yana mengatakan pemindahan jenazah Yana ke pemakaman lain bukan masalah, namun ia menganjurkan tidak dalam waktu dekat.

“Sem‎purnakan dulu menyatu dengan tanah. Nanti setelah itu 1-2 tahun dipindah enggak apa-apa ke mana aja. Sesuai dengan syariat Islam,” ujar Nurzaman.

Setali tiga uang dengan sang Ayah, Oliie, supir pribadi Yana Zein juga mengungkapkan keprihatinannya mendengar rencana pemindahan makam almarhumah Yana Zein.
“Kalau saya tidak mau memperburuk keadaan. Kasihan bu, jenazah ini (Yana Zein) udah wara – wiri muter muter. Ya kalau emang ibu mau niat mindahin, ya tunggu lah sampe kering,” ujar Ollie.