Hadiri Pelantikan HMI Jabodetabek, Irjen Ike Edwin Terkenang Saat Jadi Kader HMI

Irjen Pol Ike Edwin (tengah) saat menghadiri acara pelantikan Badko HMI dan Kohati Jabodetabeka-Banten di gedung UNJ Jakarta, Selasa (7/6).

Jakarta, Sayangi.com – Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Ike Edwin menghadiri pelantikan pengurus Badan Kordinasi HMI dan Kohati Jabodetabeka-Banten di gedung Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, Selasa (7/6).

Pada kesempatan tersebut Ike Edwin mengaku terkenang dengan aktivitas latihan kepemimpinan kemahasiswaan saat dirinya menjadi kader HMI pada tahun 1979.

“Ini laksana reuni dengan adik-adik HMI,” kata Ike Edwin.

Dalam sambutannya, Ike Edwin memberikan motivasi kepada kader HMI bahwa sebagai genarasi penerus bangsa mahasiswa dituntut untuk selalu jadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Mengutip apa yang sering disampaikan Kapolri Tito Karnavian, Ike menegaskan bahwa mahasiswa dan pemuda Indonesia memiliki dua fungsi penting dalam perjalanan bangsa. Yang pertama adalah fungsi penerus kepemimpinan bangsa sehingga harus menempa diri dengan keilmuan yang kuat sejak dini untuk mengangkat kualitas bangsa di masa depan. Yang kedua adalah kekuatan penekan (pressure group) yang selalu kritis terhadap persoalan sosial masyarakat.

Kedua fungsi tersebut, menurut Ike harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab sehingga pelaksanaannya bersifat konstruktif.

“Karena itu, Polri mengajak adik-adik HMI agar bersama-sama terlibat aktif dalam menjaga ketertiban di masyarakat,” kata Ike.

Selain Ike Edwin, hadir pada acara tersebut antara lain Ketua Umum PB HMI Mulyadi Tamsir, Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Andry Wibowo dan sejumlah senior HMI.

Irjen Ike Edwin hadir di acara pelantikan HMI Jabodetabeka-Banten mewakili Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Sebelumnya Kapolri pernah menghadiri acara pelantikan Badan Koordinasi HMI Sumbagsel di Bandar Lampung, Jum’at (7/4/2017).

Baca:  Kapolri: HMI Berperan Penting Menjaga Demokrasi Tetap “On The Track”