Pengemis dengan Jutaan Rupiah di Tangan Disanggau Petugas

Ilustrasi Pengemis
Ilustrasi Pengemis

Jakarta,Sayangi.com-Suku Dinas Sosial Jakarta Timur menjangkau Pengemis orang tua renta berikut 3,4 juta rupiah ditangannya,di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Tegalan, Matraman, Jakarta Timur.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Timur Benny Martha mengatakan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (7/6),mengatakan petugas pelayanan, pengawasan dan pengendalian sosial (P3S) yang menjangkau pengemis tersebut saat sedang mengemis.

Kami lihat pengemis itu membawa uang total sekitar Rp3,4 juta dengan uang logam yang belum dihitung. Rencananya uang itu akan ia berikan ke anak-cucunya di Padang, Sumatera Barat,” tutur Benny.

Ketika dibawa petugas, kata dia, aroma tubuh pengemis itu sangat menyengat, diperkirakan ia tidak mandi dalam waktu lama karena menggelandang di jalanan.

Pengemis itu mengaku sudah setahun mengemis di Jakarta dan kerap berpindah tempat untuk mengelabui petugas agar tidak terkena penjangkauan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, pengemis yang bernama Jasir (75) itu agak kesulitan diajak berkomunikasi dan cara bicaranya masih banyak menggunakan bahasa daerah sehingga petugas kesulitan untuk menggali lebih dalam tentang dia.

Penglihatan dan pendengaran pengemis itu juga sudah berkurang karena usia.

“Sekarang sudah kami bawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung Jakarta Timur. Di sana ia akan mendapatkan pelayanan sosial agar hidupnya lebih baik,” ujar Benny.

Pihaknya juga mengingatkan warga Ibu Kota untuk tidak memberikan uang kepada pengemis dan gelandangan, melainkan menyalurkan bantuan melalui lembaga amal yang resmi.