Berkas Kasus Firza Dikembalikan, Polisi: Kewajiban Penyidik Untuk Melengkapi

Firza Husein di Polda Metro Jaya

Jakarta, Sayangi.com – Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mengembalikan berkas perkara tersangka Firza Husein mengenai dugaan chat mesum, karena dinilai belum lengkap atau P18. Keputusan tersebut ditetapkan setelah dilakukan ekspos tertutup di Kejaksaan Agung, Rabu (7/6).

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi akan hal tersebut. Menurutnya, bila berkas tersebut dikembalikan, maka penyidik wajib melengkapi.

“Kalau dikembalikan jadi kewajiban penyidik untuk melengkapi. Nanti bagian daripada analisa penyidik,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (7/6).

Ia juga mengatakan, pihaknya masih menunggu berkas apa yang belum lengkap menurut kejaksaan, dari kasus yang juga menyeret nama Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab tersebut. Pasalnya, banyak hal yang mengakibatkan suatu berkas perkara dianggap P18.

“Apa itu bukti formil berupa alitrasi penyidikan atau bukti materil, ada beberapa keterangan saksi yang perlu ditambah pertanyaannya. Atau perlu ada kesaksian, saksi lain lagi,” urainya.

Mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur ini juga mengatakan, pengembalian berkas dalam suatu ekspos perkara merupakan hal yang lumrah. Karena inti dari ekspos sendiri adalah menyamakan persepsi antara kepolisian dan kejaksaan.

“Inti dari ekspos ini dari penyidik Polda Metro Jaya ada suatu pidana dan sudah dilakukan. Kemudian menyampaikan fakta-fakta hukum di sana untuk menyamakan persepsi pidana seperti apa,” jelasnya.