Mantan Direktur FBI Mengungkapkan Trump Telah Menekannya

Mantan Direktur FBI James Comey yang mengungkap Moskow Intervensi. Foto The Daily Dot
Mantan Direktur FBI James Comey yang mengungkap Moskow Intervensi. Foto The Daily Dot

Washington.Sayangi.com – Mantan direktur FBI James Comey  FBI menuduh Presiden Amerika Serikat Donald Trump memang berusaha melemahkan penyelidikan FBI atas dugaan intervensi Rusia dalam Pemilihan Presiden 2016.

Comey yang dipecat Trump bulan lalu, mengaku bahwa, Trump telah meminta Comey untuk menghentikan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn sebagai bagian dari penyelidikan FBI atas investigasi apakah Rusia campur tangan dalam Pemilu AS.Trump mengatakan kepadanya pada sebuah makan malam pada 27 Januari, seminggu setelah pelantikannya sebagai presiden, “Saya butuh kesetiaan, saya mengaharapkan loyalitas,kata Trump kepada Comey. Saat itu juga Trump juga menanyai Comey apakah dia masih ingin menjabat direktur FBI, ungkap Comey.

Mantan Direktur FBI itu mengaku menjadi prihatin bahwa Trump sedang berusaha menciptakan “semacam hubungan patronase.” Comey akan menyampaikan testimoni dalam kapasitasnya kepada pribadi, kepada Komisi Intelijen Senat, hari ini Kamis 8 Juni waktu setempat. Dengar pendapat ini sangat dinantikan banyak pihak.

Penyelidikan atas dugaan intervensi Rusia ini telah menggantung pemerintahan Trump sejak dia dilantik dan sekaligus mengancam realisasi prioritas-prioritas kebijakannya karena komisi-komisi di Kongres juga menggelar penyelidikan sendiri-sendiri. Investigasi sendiri atas dugaan campur tangan Moskow.

Rusia menyangkal kesimpulan dinas-dinas intelijen Amerika. Bahwa Moskow mencoba mempengaruhi hasil Pemilu As dengan menguntungkan Trump dengan berbagai sarana seperti membobol email para pejabat senior Partai Demokrat. Trump membantah adanya kolusi dan kesimpulan dinas intelijen Amerika.

Sumber : firstpost.com