Selain Antioksidan Infused Water Juga Membantu Diet

Ilustrasi Infused Water.Foto ResepKoki
Ilustrasi Infused Water.Foto ResepKoki

Jakarta,Sayangi.com- Infused water adalah air putih biasa yang sudah dicelupkan dan direndamkan beberapa potongan buah-buahan atau herbal.Infused water dibuat dengan menambahkan potongan buah ke dalam sebotol air mineral.

Setelah diaduk, botol segera ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin untuk setidaknya dua jam agar rasa dan sari buah menyatu dengan air.

Biasanya setelah direndam di dalam air untuk waktu yang cukup lama, potongan buah menjadi lembek dan dibuang karena teksturnya yang kurang enak untuk dimakan.

Akhir akhir ini infused water populer dan menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini karena infused water dipercaya mendatangkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat infused water bisa mengurangi heartburn, boost immune system, burn fat, dan sebagainya. Manfaat infused water juga mengatur temperatur tubuh, melindungi organ vital, dan bahkan bisa memperbaiki penampilan fisik.

Cara membuat infused water tergolong sangat mudah, hal ini bisa disiapkannya sendiri di rumah dalam waktu singkat. Pilihan buah-buahan yang kerap dimanfaatkan adalah buah yang memiliki rasa asam dan manis.

Buah tersebut akan menghasilkan rasa dan aroma yang lebih menyegarkan. Jenis buah ini termasuk apel, pir, melon, kiwi, jeruk, lemon, anggur, stroberi, bluberry, atau mentimun atau dau mint.

Sedangkan jenis buah-buahan yang dianggap tidak cocok untuk dijadikan infused water, bukan karena kandungan gizinya, tetapi karena teksturnya. Misalnya buah-buahan seperti pepaya, mangga, pisang, sirsak, alpukat, dan semangka gampang rusak teksturnya karena berdaging lunak dan mudah terfermentasi.

Sifat  asam apabila direndam air dalam waktu lama. Tekstur buah lunak juga dapat membuat warna infused water keruh sehingga penampilannya tidak lagi menarik.

Selain itu Infused water dapat menjadi jalan tengah bagi yang tidak suka mengonsumsi air mineral. Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan mengonsumsi sekitar 2 liter cairan per hari.

Mengonsumsi cairan yang cukup, baik itu air putih biasa atau infused water penting untuk fungsi normal tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain itu akan menjaga ginjal tetap sehat dan menghindari kondisi seperti batu ginjal, konstipasi dan wasir.