Marak Parade LGBT, Wabah Hepatitis A Diprediksi Bakal Memburuk di Spanyol

LGBT World Pride Festival (Foto: Everfest)

Spanyol, Sayangi.com – Jelang penyelenggaraan LGBT World Pride Festival di Madrid, badan kesehatan dunia WHO memprediksi wabah penyakit hepatitis A akan semakin memburuk di Spanyol. WHO menyebut, wabah penyakit hepatitis A telah menyebar luas di Eropa, Amerika Serikat dan Chile dalam beberapa tahun terakhir melalui pagelaran gay pride atau homoseksual. Terlebih kurangnya ketersediaan vaksin untuk penyakit ini di seluruh dunia diprediksi akan memperburuk wabah hepatitis A.

WHO mengimbau agar negara-negara melaporkan terkait pertambahan angka penderita penyakit ini, khususnya dari para pria yang melakukan hubungan seks dengan pria lain. Lazimnya, negara yang terjangkit oleh wabah penyakit ini akan rutin merekomendasikan vaksin bagi para pria homoseksual.

Kendati jarang memberi efek fatal, namun penyakit ini dapat memberi dampak beberapa sindrom parah yang akan dialami para penderita selama beberapa bulan. Virus biasanya menyebar melalui pencernaan makanan atau air yang terkontaminasi oleh feses seseorang yang terinfeksi. Tetapi, bagi kaum homoseksual, risiko terinfeksi melalui transmisi seksual terutama kontak seksual oral-anal.

WHO menyebutkan ada 2 juta tamu internasional yang diperkirakan akan menghadiri LGBT World Pride Festival di Madrid yang akan diselenggarakan tanggal 23 Juni dan 2 Juli 2017. Hal ini meningkatkan risiko penyebaran hepatitis A melalui transmisi seksual.

“Di Spanyol, kasus hepatitis A yang dilaporkan selama tahun 2017 delapan kali lebih tinggi dibanding rata-rata angka kasus yang dilaporkan dalam periode yang sama di antara tahun 2012 dan 2016. Kebanyakan kasus adalah pria dengan umur di antara 15 hingga 45 tahun dan mereka adalah pria yang melakukan hubungan seks dengan pria,” uangkap WHO dalam pernyataannya, Kamis (8/6).

WHO juga mengimbau, para pengunjung yang akan menghadiri festival tersebut untuk melakukan vaksin hepatitis A sebelum bepergian, dan berkonsultasi dengan berbagai penyedia kesehatan.