Resep Minuman: Air Nabeez, Infused Water Ala Nabi Muhammad

Air nabeez, atau infused water kurma (Foto: Ist)

Jakarta, Sayangi.com – Air nabeez atau infused water kurma/kismis merupakan salah satu minuman kegemaran Nabi Muhammad SAW. Air nabeez adalah minuman beralkali, yang mampu menolong membuang kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh serta menyingkirkan toksin yang berbahaya didalam tubuh (detoksifikasi). Pemulihan tenaga juga didapat berasal dari khasiat kurma yang menjadi bahan dasar air nabeez.

Kandungan fiber yang terdapat dalam infused water kurma atau kismis ini bermanfaat untuk menghilangkan sembelit, dan membantu proses pencernaan yang baik termasuk untuk membantu dan menunjang program diet Anda. Selain itu kelebihan kadar fiber yang tinggi dari air nabeez juga mampu meningkatkan / menajamkan fikiran agar kita tidak mudah lupa.

Mengingat manfaatnya yang begitu beragam bagi kesehatan, Anda bisa menerapkan mengonsumsi minuman ini pada saat santap sahur dan berbuka puasa. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan
5-7 butir kurma ajwa atau kurma lainnya, atau kismis (disunnahkah jumlahnya ganjil)
1 gelas air

Cara Membuat
1. Pisahkan kurma dengan bijinya.
2. Tekan kurma agar sedikit lunak.
3. Masukkan kurma dalam gelas.
4. Tutup rapat, diamkan selama 8 jam atau semalaman.
5. Simpan di suhu ruangan atau di dalam kulkas.
6. Sebelum diminum, aduk dulu ya agar kurma bisa ikut tercampur dengan air.

Selain bahannya yang sederhana, cara membuatnya pun juga mudah. Tak hanya itu, masih banyak segudang manfaat infused water kurma ala Rasulullah ini, salah satunya sebagai sumber zat besi dan kaya akan pottassium atau kalium yang dapat menjaga kesehatan jantung dan  menstabilkan tekanan darah.

Air nabeez yang disimpan di dalam lemari es bisa bertahan 1 hingga 2 hari. Kendati demikian, Anda dilarang meminum infused water kurma/kismis yang sudah memasuki lebih dari 3 hari. Lantaran terjadinya proses fermentasi pada air tersebut.