Inovasi Facebook : Meluncurkan Peta Bencana

Facebook meluncurkan mata uang digital bernama Libra . Foto Business Insider
Facebook meluncurkan mata uang digital bernama Libra . Foto Business Insider

California,Amerika,Sayangi.com-Media Sosial Facebook  menunjukkan sejarah baru saat, Rabu (7/6) waktu setempat Facebook meluncurkan peta bencana. Terobosan inisiatif ini ditujukan untuk membantu organisasi kemanusiaan menyelamatkan nyawa dalam keadaan darurat.

Mark Zuckerberg kepala eksekutif sekaligus pencipta Facebook mengatakan terobosan ini ditujukan “Bila ada banjir, gempa bumi, kebakaran atau bencana alam lainnya, respon organisasi membutuhkan informasi yang akurat secepatnya tentang keberadaan orang dalam rangka menyelamatkan nyawa.

Umumnya saat bencana saluran komunikasi tradisional seperti saluran telepon terganggu. Kondisi seperti akan membutuhkan waktu yang lama untuk mencari tahu keberadaan orang yang membutuhkan bantuan.”

Fungsi Peta ini nantinya akan mendeteksi dan mencerminkan pergerakan dan lokasi orang sebelum, selama dan setelah bencana untuk membantu lembaga bantuan bekerja, misal dimana mereka harus mengantarkan makanan, air dan obat-obatan.

Pendiri Facebook ini juga menambahkan peta baru tersebut akan membantu membangun “keamanan masyarakat, dan kami akan terus melakukan lebih banyak inisiatif seperti ini “.
Perusahaan tersebut akan bekerja sama dengan badan anak-anak untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (UNICEF), Masyarakat Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, Program Pangan Dunia. Ini sebagai support untuk mengidentifikasi data apa yang paling berguna bagi mereka. Mereka semua akan segera mempunyai akses ke peta baru itu, dengan beberapa instansi lain.

Inovasi Facebook akan menyediakan tiga jenis peta yaitu:

Peta kepadatan lokasi
Peta ini akan menunjukkan lokasi orang sebelumnya, selama dan setelah bencana.

Peta gerakan
Peta ini akan menggambarkan penerbangan di lingkungan atau kota selama beberapa jam.

Peta cek keamanan
Peta ini akan memberi kesempatan bagi pengguna untuk memberi tahu keluarga dan teman-teman mereka jika mereka selamat.

Sumber: mashable.com