Sakit Maag Saat Berpuasa? Ini Obatnya

Jakarta, Sayangi.com – Sebagian orang kerap mengalami sakit maag, terlebih saat bulan puasa ini. Melansir dari laman Medicenet, maag atau gastritis adalah peradangan yang terjadi pada lapisan perut. Penyakit ini akan membuat perut Anda terasa sangat sakit dan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Beberapa penyebab timbulnya sakit maag adalah bakteri yang bernama Helicobacter pylorior H. pylori, stres, terlalu banyak minuman beralkohol, usia (dewasa atau lansia), dan lainnya. Jika Anda mengalami beberapa gejala, seperti mual, muntah, sakit perut, bersendawa, dan kembung, itu adalah gejala maag.

Namun, bukan berarti maag Anda jadikan alasan untuk tidak berpuasa, ya. Orang yang mengalami sakit maag, tentu saja boleh untuk berpuasa. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa obat untuk mengatasi sakit maag yang Anda alami, di antaranya antasida, antibiotik, obat penghambat pompa proton (PPI), dan obat antiinflamasi nonsterodi (OAINS).

Selain itu bagi Anda yang mengalami sakit maag, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, seperti usahakan selalu sahur, hindari makanan yang berisiko meningkatkan maag Anda, berbuka puasa tepat waktu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya serat saat sahur, dan kelola stres dengan baik untuk meminimalisir naiknya asam lambung.