3 Masjid Unik Ini Akan Membuat Anda Terpesona Seketika

Masjid Dimaukom, Filipina (Foto: Tripadvisor)

Jakarta, Sayangi.com – Masjid merupakan tempat ibadah bagi para kaum muslim. Seringkali, masjid dibangun sangat megah dan besar, karena tujuannya memang untuk menampung jamaah dalam jumlah yang banyak.

Beragam masjid yang indah dan megah, mungkin hampir di setiap negara ada. Namun, hanya segelintir yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Cek beberapa masjid unik ini, Anda pasti akan terpesona.

Masjid Dimaukom

Dimaukom mosque

Masjid ini memiliki warna yang indah dan menggemaskan. Bewarna pink, masjid ini terletak di Maguindanao, Filipina. Jika kamu berkesempatan mengunjungi masjid ini, kamu akan disambut dengan nuansa pink mulai dari gerbangnya, lho! Kubah dan dindingnya pun juga berwarna pink. Masjid ini didanai oleh Walikota Samsudin Dimaukom. Warna pink ini juga dipilih karena pink atau merah muda adalah warna yang melambangkan cinta, dan juga warna favorit istri sang walikota.

Masjid Shanke Yadem

Masjid Shanke Yadem, masjid beratapkan langit (Foto: Ist)

Ingin merasakan masjid yang lebih unik lagi? Datang saja ke Turki. Masjid Shanke Yadem memiliki atap langit dan beralaskan bumi. Pendirinya bukanlah orang yang kaya, oleh karena itu masjid ini dinamakan Shanke Yadem, yang artinya “anggap saja saya sudah makan”. Masjid tidaklah megah, bentuknya hanya pagar segi empat dengan dua menara di sisi kiri dan kanan. Namun yang membuat masjid ini luar biasa adalah upaya dan keteguhan hati si pendirinya, Khairuddin Afandi. Untuk membangun masjid ini, ia rela tidak membeli makanan karena untuk membiayain pembangunan masjid. Luar biasa bukan!

Masjid Niu Jie

Niu jie mosque

Masjid ini merupakan masjid tertua dan terbesar di Beijing. Berdiri di atas lahan lebih dari 6000 meter persegi, masjid ini dapat kamu sambangi di Tiongkok, tepatnya di Distrik Xicheng, Beijing bagian barat. Keunikan masjid ini terletak pada bagian luarnya yang bergaya Tiongkok kuno. Gaya tersebut berpadu indah dengan kaligrafi Islam pada bagian dalam bangunannya.