Kebutuhan Vitamin C Setiap Orang Berbeda, Ini Takaran Tepatnya!

Jakarta, Sayangi.com – Baik wanita maupun pria, rupanya sangat peduli dengan kesehatan kulitnya. Organ terbesar pada tubuh kita ini memang harus dijaga. Beragam cara dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan kulit. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C memang memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit Anda, seperti dapat membantu produksi kolagen kulit, mengurangi tanda-tanda penuaan, menghindari kekeringan pada kulit, dan lainnya. Vitamin ini memang tidak dapat disimpan dalam tubuh, sehingga Anda disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C setiap hari.

Melansir laman Drugs.com, Sabtu (10/6), kebutuhan vitamin C setiap orang ternyata berbeda-beda jumlahnya dalam setiap hari. Misalnya, bayi berusia setengah tahun memerlukan vitamin C setidaknya 40 miligram setiap harinya. Untuk anak usia 1 hingga 9 tahun, memerlukan vitamin C sebanyak 40 hingga 45 miligram per hari.  Sedangkan pada usia 16 tahun ke atas wanita akan memerlukan vitamin C sebanyak 75 miligram per hari, dan pria memerlukan 90 miligram per hari.

Sementara itu, untuk Anda yang merokok, tambahan vitamin C untuk Anda adalah 35% dari jumlah yang disarankan. Pasalnya, merokok kerap dapat meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh, dan kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dipercaya mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin C, di antaranya buah jeruk, jambu biji, paprika merah dan hijau, brokoli, stroberi, kiwi, nanas, kale, kembang kol, manga, dan masih banyak yang lainnya. Selain makanan tersebut, Anda bisa memenuhi asupan vitamin C Anda dengan mengonsumsi suplemen vitamin C yang tersedia di apotik.

Meskipun vitamin C sangat penting bagi kulit Anda, namun Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Karena mengonsumsi vitamin C lebih dari 1000 miligram per hari, dapat menyebabkan diare, sakit perut, dan juga perut menjadi kembung.