Lima Fakta Tentang Qatar Yang Mungkin Belum Diketahui

Sekilas Pemandangan ibukota Qatar Doha.Foto Doha Life
Sekilas Pemandangan ibukota Qatar Doha.Foto Doha Life

Doha,Sayangi.com-Negara berdaulat Qatar saat ini berada di tengah badai, sejak (5/6/2017) beberapa negara tetangganya memotong hubungan diplomatik dan penerbangan juga jalan darat.

Sebelum kejadian ini Qatar bukan negara yang sering menemukan dirinya mendominasi berita utama. Jadi apa sebenarnya orang tidak banyak tahu tentang Qatar, selain negara ini akan sebagai Tuan rumah Piala Dunia sepakbola tahun 2022?.

Berikut adalah lima fakta untuk diketahui tentang Qatar.

Penduduk perempuan Qatar,Foto Doha Life
Penduduk perempuan Qatar,Foto Doha Life

1. Jumlah Penduduk Pria melebihi Wanita
Dari 2.5 juta total penduduk di Qatar, jumlah penduduk wanitanya tercatat sekotar 700 ribu orang. Karena prospek pekerjaan di negara ini sangat baik, banyak imigran yang berdatangan ke Qatar, terutama dari India dan Nepal.

Mayoritas imigran adalah pria yang memang dikhususkan untuk membangun gedung dan fasilitas sebelum Piala Dunia tahun 2022 mendatang. Banyaknya imigran dari Nepal dan India menjadikan Qatar, umat Hindu sebagai kelompok agama terbesar ketiga setelah Muslim dan Kristen.

Foto GDCC
Foto GDCC

2.Pemilik tanah serta gedung gedung strategis di London
Dalam sepuluh tahun terakhir, Qatar menyibukkan dirinya dengan membeli tanah dan properti di London, Inggris. Menurut Menteri Keuangan Qatar, Ali Shareef al-Emadi, total investasi penduduk Qatar di London mencapai kisaran antara Rp 500 milyar hingga Rp 600 milyar.

Jumlah tersebut belum termasuk tambahan sekitar Rp 70 milyar yang kabarnya akan dikeluarkan untuk berinvestasi selama 3-5 tahun ke depan. Portofolionya mencakup, Shard, Harrods, Chelsea Barracks dan Olympic Village,namun tidak terbatas pada itu, negara ini juga memiliki saham di Canary Wharf.

Patung Laba Laba Foto Doha News
Patung Laba Laba Foto Doha News

3.Qatar sangat mencintai seni
Qatar dikenal sebagai negara konservatif, ternyata Qatar negara yang sangat mencintai dan menghargai seni. Dalam beberapa tahun terakhir ini telah mensponsori sejumlah pameran. Tahun 2013 seniman kontroversial Damien Hirst bahkan disponsori oleh Qatar ketika ia mengadakan pameran di Timur Tengah.

Tahun yang sama Sheikha al-Mayassa binti Hamad bin Khalifa al-Thani – saudara perempuan emir, dan kepala Otoritas Museum Qatar membangun puncak Power Review Art 100.

Negara ini juga memiliki museum karya seni Islam terlengkap, dengan memamerkan koleksi dari 3 benua yang berusia hampir 1.400 tahun.

Teedy Bear yang berdiri di Airport Doha,Foto WorldPress
Teedy Bear yang berdiri di Airport Doha,Foto WorldPress

4.Memiliki Boneka Tedy Bear Raksasa
Negara yang dikenal dengan industri minyak dan gas ini ternyata memiliki boneka Teddy Bear raksasa setinggi 7 meter.

Siapapun yang pernah melalui Bandara Internasional Hamad Doha tidak bisa melewatkan boneka teddy kuning 23 kaki yang duduk di tengah terminal.Boneka ini diciptakan oleh seniman Swiss Urs Fischer lebih dari satu dekade yang lalu,dibuat dari perunggu dan beratnya hampir 20 ton.

Boneka tersebut diciptakan dengan maksud untuk mengobati rasa kangen para turisnya dengan masa kecil atau kampung halamannya masing-masing.

PDP Qatar tertinggi di dunia.Foto NigerianEye
PDP Qatar tertinggi di dunia.Foto NigerianEye

5.Qatar Memiliki Pendapatan Per Kapita (PDB) tertinggi di dunia
Qatar merupakan salah satu negara dengan pendapatan domestik bruto (PDB) terbesar di dunia, yakni sebanyak 100,500 poundsterling per tahun atau setara dengan Rp 1.5 milyar.

Para migran yang diwawancarai oleh BBC pada tahun 2015 mengungkapkan bahwa mereka memperoleh penghasilan sebesar $ 350 sebulan. Sedangkan Mantan Emir, Sheikh Hamad bin Khalifa al-Thani, dilaporkan senilai $ 2,4 miliar.

Sumber: BBC.com