Kejagung: Ahok Dieksekusi ke Lapas Paling Lambat Besok

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Jakarta, Sayangi.com – Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejaksaan Agung Noor Rachmat menegaskan bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kemungkinan besar akan dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), pada Kamis (22/6/2017). Saat ini ia mengaku pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Ahok.

“Paling lambat besok (dieksekusi),” ujar Noor di kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Selain melakukan koordinasi, saat ini, tim jaksa masih mempelajari penetapan pengadilan dan akan diputuskan sore ini. Namun, belum diketahui lapas mana nantinya yang akan ditempati Ahok.

Sebelumnya, Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Dicky Oktavia mengatakan, Ahok akan dipindah ke lembaga pemasyaratan pada pekan ini. Ahok telah menjadi terpidana dalam kasus penodaan agama dengan hukuman 2 tahun penjara dan saat ini ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

“Sebelum libur Lebaran deh biar cepat selesai. Pokoknya minggu (pekan) ini,” ujar Dicky.

Dicky menuturkan, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara akan segera mengeksekusi Ahok karena telah menerima penetapan pencabutan banding kasus tersebut dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Senin (19/6/2017) siang.

Kejari Jakarta Utara telah menyiapkan surat yang akan dikirimkan ke lapas. Surat akan dikirimkan ke Lapas Cipinang di Jakarta Timur dan Lapas Salemba di Jakarta Pusat.