Aktivitas Lempeng Laut Sulawesi Timbulkan Gempa Bolaang Di Mongondow

Ilustrasi Gempa Foto Istimewa
Ilustrasi Gempa Foto Istimewa

Manado Sayangi.com– Gempa bumi berkekuatan 4,7 skala richter yang mengguncang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara akibat aktivitas lempeng laut Sulawesi Jumat (23/6) pukul 19:55:56.

Kepala Stasiun Geofisika Manado Irwan Slamet SSi MSi mengatakan gempa bumi berkekuatan 4,7 skala richter yang mengguncang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara akibat aktivitas lempeng laut Sulawesi. Dampak gempa tektonik yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat menunjukkan bahwa di Gorontalo mengalami guncangan pada skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI).

Menurut Irwan ini artinya guncangannya dirasakan oleh beberapa orang dan berdasarkan informasi yang diterima hingga berita ini diturunkan belum ada kerusakan.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Sementara itu, khusus masyarakat di daerah pesisir pantai utara wilayah Bolaang Mongondow Utara dan Gorontalo diharapkan tidak terpancing isu karena gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan gempa bumi dangkal,” ujarnya.

Pusat gempa terletak pada koordinat 0.94 LU – 123.19 BT, tepatnya di darat pada jarak sembilan kilometer barat laut Kabupaten Bolaang Mongondow Utara pada kedalaman 29 kilometer.