Menggunakan Jalan Darat Tim SAR Menuju Lokasi Jatuhnya Pesawat AMA

Ilustrasi Pesawat Pilatus yang jatuh di Wamena.Foto Istimewa
Ilustrasi Pesawat Pilatus yang jatuh di Wamena.Foto Istimewa

Jayapura,Sayangi.com – Pesawat jenis philatus milik perusahaan AMA Wamena dikabarkan jatuh. Pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCX mengangkut tujuh orang termasuk dua kru, yakni pilot Mouder Wauters dan co pilot Ido Naibaho, mengalami musibah dalam penerbangan dari Wamena menuju Derekme. Tiga penumpang pesawat nahas itu adalah Don, Serabut dan Ondomget.

Tim SAR gabungan dengan menggunakan kendaraan roda empat saat ini menuju lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat ini.

Tim SAR darat sudah bergerak sejak pukul 05.30 WIT dengan membawa berbagai perlengkapan, kata Kepala SAR Jayapura Melkianus Kota kepada Antara di Jayapura, Kamis (6/7).

Dikatakan, dari laporan yang diterima lokasi jatuhnya pesawat AMA berada di ketinggian tebing, sehingga rencana evakuasi para korban masih menunggu informasi dari tim darat.

Apalagi saat ini jarak pandang di Bandara Wamena hanya satu kilometer sehingga pesawat yang disiapkan untuk membantu evakuasi tidak dapat diterbangkan.

Sedangkan tim darat, menurut Melkianus, hanya akan menggunakan kendaraan sepanjang sekitar 15 km kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki menuju lokasi.

“Tim Sar dari Jayapura juga belum dapat diterbangkan ke Wamena, karena masih menunggu jarak pandang yang diijinkan untuk penerbangan,” ungkap Melki.