Desa Pandan Arang Ulu Lahat Luncurkan Bumdes ‘Mandiri’

Suasana peluncuran Bumdes 'Mandiri' di Desa Pandan Arang Ulu Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat

Lahat, Sayangi.com – Desa Pandan Arang Ulu yang terletak di Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan berupaya memanfaatkan penggunaan Dana Desa (DD) untuk kesejateraan masyarakat, baik itu sarana fisik atau kegiatan ekonomi produktif.

Tak hanya mengejar pengadaan fasilitas desa, Desa Pandan Arang Ulu di tahun 2017 mulai menggarap Bumdes. Hal ini sebagai upaya dalam merealisasikan ekonomi produktif di desa.

Bertempat di desa ini, Rabu (5/7) dilaksanakan peluncuran Bumdes Mandiri sekaligus syukuran salah satu unit usahanya yaitu organ tunggal Andespa.

Acara yang dihadiri oleh unsur Tripika kecamatan Kota Agung, Camat Abdul Harism S.Sos, Kapolsek Kota Agung, AKP Aan Sumardim S.E, M.M dan Danramil Kota Agung.

Dalam sambutan di kegiatan ini, Abdul Haris mengatakan, pihaknya sangat memgapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa Pandan Arang Ulu berserta masyarakatnya.

“Padan Arang Ulu adalan desa yang pertama melakukan peluncuran Bumdes dikecamatan Kota Agung. Kami berharap ini menjadi motivasi bagi desa lain untuk mengikuti jejak ini, “jelasnya.

“Dengan Bumdes kita dapat menepatkan pastisipasi warga desa dalam pembangunan desa selain ikut mendapatkan nilai ekonomi dari pembangunan itu,” sampai Haris.

Sedangkan Tantawi kepala desa Pandan Arang Ulu kepeda pewarta menuturkan, mereka hanya menjalanakan program yang diberikan pemerintah sesuai peruntukannya.

“Bumdes dengan unit usaha yang ada selain dapat dimafaatkan untuk kepeluan desa secara khusus, juga bisa dijadikan income lain bila nanti juga dipakai oleh warga luar desa.

Jangan hanya melulu berorientasi fisik bangunan, peningkatan nilai ekonomi warga menjadi perhatian serius kita,” urainya.

Masih kata Tantawi, dana yang disaluran pemerintah memang diperuntukan untuk kesejateraan warga dan masyarakat desanya.

“Ini baru permulaan, nanti kita akan coba kembangkan unit usaha lain, dengan tetap memberdayakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat kita.

Nanti kita terus akan melakukan koordinasi dengan instasi terkait berkenaan dengan kegiatan di desa,” tandasnya.

Pelucuran tersebut ditandai dengan penekanan tuts keybord oleh Camat Kota Agung diteruskan dengan sumbangan lagu andalan dari sang pimpinam kecamatan ini.

Bumdes ini diberi nama “Mandiri” sementara organ tunggal sendiri disepakti dengan sebutkan “Andespa”, semoga pergerakan ini bermanfaat.

Reporter: Yanuar Anoseputra

Salah satu unit usaha Bumdes Mandiri yaitu organ tunggal Andespa