Lebak Banten Sentra Durian Legit Tanpa Biji

Foto TalyPress
Foto TalyPress

Banten,Sayangi.com-Berkeinginan menikmati legitnyadan lezatnya buah durian?Mulailah berpaling ke kawasan Kabupaten Lebak, Banten, yang kini memiliki desa wisata durian.

Bagi penikmat durian didaerah ini tersaji kelezatan durian lokal jenis otong, hepi, dan matahari. Durian otong, hepi, dan matahari merupakan produk unggulan lokal yang dikembangkan petani Desa Sangkanwangi Kecamatan Leuwidamar.

“Durian otong, hepi, dan matahari memiliki keunggulan tersendiri, baik rasa maupun aromanya juga tanpa biji.

Masyarakat setempat terus berupaya memperluas pengembangan tanaman durian unggul, karena didukung lahan luas. Selain itu keasaman tanahnya sangat cocok ditanami tanaman durian.

Untuk menunjang pemasaran hasil produksi buah durian Petani Kabupaten Lebak, Banten, mendirikan desa wisata durian untuk menarik pengunjung dari luar daerah sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Desa wisata durian ini telah banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Potensi pengembangan tanaman durian di daerah ini cukup berpeluang untuk mendatangkan wisatawan untuk mengkonsumsi durian unggul.

Dari data Kelompok Tani Sangkanweni, durian unggul per hektare tanah mampu ditanam sebanyak 100 pohon.  Jika musim panen per pohon  produksnya bisa menhasilkan  20 buah. Harga yang ditawarkan untuk kualitas terbagus rata rata diatas 50 ribu rupiah, dibawah 100.000 rupiah.

Wisata durian ini tentunya akan mampu mendongkrak ekonomi masyarakat yang bermuara mengatasi kemiskinan di wilayah Lebak, Banten.