Polisi Berharap Novel Mau Blak-Blakan ke Penyidik Terkait Keterlibatan Jenderal

Kombes Pol Argo Yuwono . (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono berharap penyidik senior KPK Novel Baswedan mau bersikap blak-blakan terkait kasus yang menimpa dirinya. Termasuk, lanjut Argo, statemen Novel yang menyebut ada keterlibatan jenderal dibalik insiden penyiraman air keras tersebut.

“Info atau fakta hukum? Nanti kalau isu harus diklarifikasi. Jadi artinya kepolisian dituduh macam-macam nggak masalah tapi harus ada bukti kalau ada keterlibatan jenderal, siapa?Buktinya apa? Saksinya apa? Artinya kan seorang penyidik jadi tahu,” ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (2/8).

Menurut Argo, penjelasan dari Novel mengenai keterlibatan jenderal harus dibuktikan. Pasalnya, bila tidak dibuktikan, dikhawatirkan statemen tersebut akan menjadi bola panas di tengah masyarakat.

“Selama ini polisi dituduh kan, terus membuat masyarakat tidak percaya sama polisi. Sampaikan saja, kita biasa polisi difitnah,” katanya.

Argo juga berharap Novel dapat menuangkan seluruh informasi yang ia ketahui kedalam Berkas Acara Pemeriksaan. Hal ini menurutnya lebih baik untuk pengembangan kasusnya, dibanding terus berstatemen ke pihak luar selain penyidik.

“Makanya kita akan kesana memeriksa yang bersangkutan, daripada info itu kemana-mana lebih baik kita tuangkan ke BAP. Kita nggak masalah jam berapa saja kesana, sampai saat ini belum di BAP,” tuturnya.

Penyidik, kata Argo, sudah menempuh berbagai cara untuk mendapatkan informasi dari Novel. Namun hingga saat ini, Novel belum mau memberikan keterangan tersebut.

“Kita kan sudah memberikan daftar pertanyaan kepada yang bersangkutan, nanti kalau sudah diisi dan dijawab kita ambil nggak masalah. Kita sudah sampai seperti itu, tapi sampai sekarang belum ada jawaban,” jelasnya.