ICW: Pola Serangan Terhadap Novel Mirip Dengan yang Dialami Tama S Langkun

Koordinator ICW Adnan Topan Husodo

Jakarta, Sayangi.com – Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengatakan, insiden penyiraman air keras yang dialami penyidik senior KPK novel Baswedan mirip dengan yang dialami aktivis ICW Tama S Langkun. Penganiayaan terhadap Tama, lanjut Adnan, terjadi pada bulan Juli 2010 silam.

“Kasus serupa pernah terjadi, meski nggak menyerang penyidik KPK tapi aktivis ICW, kebetulan dialami staf ICW Tama S Langkun. Kalau bicara pola dan model penyerangan, ini mirip yang dialami Tama, pelaku juga nggak terungkap sampai kini,” ujar Adnan di sebuah acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (5/8).

Pada kasus Tama, lanjut Adnan, Tama sempat mencurigai bahwa dirinya merasa diikuti dalam beberapa hari sebelum insiden penganiayaan. Bahkan ICW sendiri sempat diberi peringatan oleh pihak intelejen ihwal kejadian tersebut.

“Ada info dari intelijen yang sampai ke kita. Mereka memberi warning agar ICW waspada, ada kemungkinan kejadian tertentu,” bebernya.

Kendati sudah diberi peringatan, namun kejadian penganiayaan tersebut tetap terjadi. Menurut Adnan, pelaku penganiayaan Tama juga adalah seorang yang profesional yang lihat memanfaatkan kondisi.

“Akan tetapi serangan tetap terjadi, saat itu malam hari, gelap, dari skill (pelaku) sangat profesional,” terangnya.

Berangkat dari kejadian tersebut, Adnan mendorong untuk segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk kasus Novel. Karena menurutnya, TGPF akan memudahkan penyelidikan kasus tersebut.

“Yang paling penting adalah mengetahui siapa otak dari penyerangan (Novel) ini,” tegasnya.

Untuk KPK sendiri, Adnan berharap agar kedepannya KPK dapat mengantisipasi hal-hal seperti yang terjadi pada Novel. Hal tersebut menurutnya penting, mengingat tugas KPK yang memiliki risiko sangat tinggi.

“Hendaknya KPK membentuk tim pengaman internal, yang bekerja mengcounter segala kemungkinan buruk yang terjadi kepada para petugasnya,” kata Adnan.