Sering Dianggap Bikin Lemas Ternyata Buah Terong Kaya Manfaat

Foto Garden Season
Foto Garden Season

Jakarta,Sayangi.com– Terong termasuk dalam sayuran yang cukup digemari masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Pakar kesehatan menyebutkan jika terong ternyata kaya akan kandungan serat, vitamin B dan juga tembaga.

Selain itu, terong menyediakan nutrisi berupa vitamin B1, vitamin B6, asam folat, vitamin K, hingga kalium dan niasin. Beberapa jenis fitonutrien layaknya nasunin dan juga asam chlorogenic yang diyakini menjadi asupan yang sangat penting bagi kesehatan otak

Terong dikenal sebagai salah satu jenis sayuran, namun sebenarnya terung merupakan buah dari tanaman jenis nightshade. Terung mengandung beberapa nutrisi yang memiliki antioksidan baik seperti asam caffeic, asam klorogenat, dan nasunin.

Dilansir Boldsky, nasunin merupakan antioksidan tinggi yang terbukti dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Sementara asam klorogenat juga dianggap sebagai antioksidan ampuh dengan berbagai manfaat yang telah terbukti. Berikut kandungan dan manfaat Terong bagi kesehatan Tubuh :

1. Melindungi otak (memori)
Terong mengandung fitonutrien yang menjaga membran sel yang melindungi dari segala bentuk kerusakan. Fitonutrien Memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian ke bagian lain, sehingga melestarikan fungsi memori.

2. Menjaga sistem pencernaan
Terong memiliki kandungan serat yang baik, dengan demikian jika dikonsumsi secara rutin terong dapat memeberikan manfaat dan efek yang baik pula bagi kesehatan organ pencernaan kita. Kandungan serat dalam sayur terong dapat mencegah sembelit dan resiko kanker usus besar juga dapat dihilangkan.

Serat juga memperbaiki sistem metabolisme tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin B di terong berguna untuk meningkatkan energi, baik untuk sistem saraf, dan menjaga keseimbangan hormon.

3. Menyehatkan dan mencegah penyakit jantung
Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah, dengan demikian resikopenyakit jantung pun sangat kecil.

Mosby’s Manual of Diagnostic and Laboratory Tests menyebutkan jika terong ternyata memiliki kemampuan khusus dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Sebagaimana kita ketahui, tingginya kadar kolesterol jahat bisa memicu masalah kesehatan berbahaya layaknya serangan jantung atau bahkan stroke.

4. Menurunkan berat badan
Kandungan kadar air yang dimiliki terong sangatlah tinggi namun rendah kalori.
Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang sedang diet.

5. Kesehatan kulit
Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tinggi. Hal ini akan membantu serta menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

Selain itu kandungan mineral dan vitamin yang dimiliki oleh terong juga dapat membantu memberikan nutrisi yang diperlukan oleh kulit, agar kulit sehat secara alami.

6. Menurunkan kadar gula
Terong memiliki kandungan yang kaya akan serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa.

Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes.

7. Baik untuk ibu hamil
Terdapat opini yang melarang ibu hamil untuk mengkonsumsi terong, karena dianggap tidak baik untuk kesehatan dirinya serta janin yang dikandung.

Akan tetapi hal ini dapat dibuktikan dengan kandungan folat yang dimiliki oleh terong. Folat adalah zat yang berguna  menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan otak pada janin.