Tari Topeng Ireng Merapi Pukau Warga Moskow

Tari Topeng Ireng. Foto Jurnalistik
Tari Topeng Ireng. Foto Jurnalistik

Moskow, Rusia,Sayangi.com– Festival Indonesia 2017 di Hermitage Garden, Kota Moskow, Rusia, Minggu malam (6/8), dimeriahkan Tari Topeng Ireng asal lereng Gunung Merapi, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Tarian Topeng Ireng  dibawakan oleh 16 duta seni pelajar asal Boyolali. Tarian yang mengandalakan  gerakan serasi secara bersamaan. Tarian  ini telah sukses tampil  kedua kalinya di Hermitage Moskow.

Di penghujung Tarian para penari mengajak  para  penonton di Moskow  untuk bersama sama menari mengikut irama. Sehingga  suasana menjadi penuh keakraban.

Pimpinan Duta Seni dan Misi Kebudayaan Pelajar Boyolali,Widodo Munif,mengemukakan bahwa Tari Topeng Ireng termasuk  seni pergaulan dari warga lereng Gunung Merapi.

Diharapkan melalui pentas seni budaya di Moskow, Boyolali dapat dikenal di tingkat dunia. Sebelumnya Kabupaten ini juga mengirimkan duta seni pelajar di negara-negara Eropa, Jepang, Tiongkok, Hong Kong,”

Pertunjukan di Hermitahe Moskow ini para penari asal Boyolali telah menarikan Tari Sekar Merapi, Turionggo Seto, Tembaga, Bedayan, Tetayuban, Wanara. Selain itu duta seni Boyolali ini, juga memainkan musik eknik Ellegro Sanaparane Festival Indonesia 2017 di Moskow.