Melongok Manfaat Minuman Raja Jawa “Wedang Serai” Bagi Kesehatan

Foto CureJoy
Foto CureJoy

Jakarta,Sayangi.com- Serai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Andropogon nardus atau dalam bahasa Inggris disebut Lemongrass sudah sangat familiar dikalangan ibu rumah tangga.

Hal ini karena  Serai memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga sering digunakan dalam berbagai masakan. Namun selain untuk masakan ternyata serai bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari halaman Boldsky, Kamis (8/8), serai merupakan sumber asam folat, seng, magnesium, aluminium, besi, kalsium, mangan, vitamin A, fosfor, dan vitamin C. Serai bahkan kerap digunakan sebagai obat penenang dan memiliki analgesik, anti-inflamasi, astringent, karminatif, antibakteri dan antikanker.

Seperti diberitakan dalam Health Me Up Serai memiliki zat anti mikroba, antioksidan, anti-kanker, dan anti peradangan. Selain itu, serai juga salah satu sumber terbaik untuk vitamin A, C, folat, zat besi, magnesium, tembaga, potasium, kalsium, dan mangan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi serai.

Tak heran, salah satu minuman kesehatan yang biasa diminum para raja di Tanah Jawa adalah Wedang Serai. Berikut manfaat Serai bagi kesehatan tubuh:

1. Membantu sistem pencernaan
Karena zat anti mikroba yang ada di dalamnya, serai membantu fungsi usus dan pencernaan. Mengonsumsi serai secara teratur bisa melawan bakteri buruk dan parasit yang menyebabkan masalah pencernaan seperti konstipasi, diare, kelebihan gas dalam lambung, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.

2. Menurunkan tingkat gula darah
Minum teh yang dicampur serai akan membantu mengeluarkan racun dari pankreas dan meningkatkan fungsinya. Ini juga akan membantu Anda mengontrol dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

3. Mengalahkan insomnia
Serai juga memiliki efek menenangkan yang membantu tubuh tidur lebih nyenyak dan mengatasi insomnia. Minyak esensial yang terkandung dalam Serai dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

4. Menurunkan berat badan
Selain mengeluarkan racun dari tubuh, menambahkan serai pada teh juga bisa membantu mengurangi lemak. Mengonsumsi serai juga memberikan efek diuretik yang membuat racun dan zat sampah keluar dari tubuh dengan cepat.

Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir. Proses itulah nantinya akan membantu proses penurunan berat badan.

5. Kesehatan kulit
Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

Selain itu Serai bisa memurnikan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Ini bisa membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat atau eczema. Selain tersebut diatas serai juga membuat kulit bercahaya secara alami.

6. Mencegah kanker
Antioksidan yang tinggi pada serai dapat menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

Kandungan senyawa aktif di dalam serai juga diklaim dapat membunuh sel kanker tersebut tanpa merusak sel yang sehat.