Uhuru Kembali Memimpin Kenya: Inggris Ucapkan Selamat

Presiden terpilih kembali Kenya, Uhuru Kenyatta dan Wakil Presiden William Ruto menunjukan sertifikat hasil pemilihan di Bomas of Kenya pada hari Jumat, 11 Agustus 2017. Foto PSCU
Presiden terpilih kembali Kenya, Uhuru Kenyatta dan Wakil Presiden William Ruto menunjukan sertifikat hasil pemilihan di Bomas of Kenya pada hari Jumat, 11 Agustus 2017. Foto PSCU

London, Sayangi.com– Inggris mengucapkan selamat kepada Uhuru Kenyatta saat terpilih kembali sebagai Presiden Kenya.

Presiden Uhuru terpilih kembali ditengah demonstrasi kekerasan penolakannya yang berkecamuk. Pihak oposisi bersumpah untuk membatalkan apa yang mereka sebut hasil pemilihan “curang.”

Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson dalam sebuah pernyataan pada Minggu (13/8) mengatakan “Hari Selasa merupakan hari bersejarah bagi Kenya, dengan jutaan warga Kenya memberikan suara dalam pemilihan umum.

Dilansir dari Reuters (14/8), Inggris dengan hangat mengucapkan selamat kepada Presiden uhuru Kenyatta atas terpilihnya kembali.

“Kami memuji warga Kenya atas komitmen mereka terhadap demokrasi dan memberi hormat kepada mereka yang bekerja tanpa lelah dan berani untuk menggelar pemilihan yang kredibel, walau seringkali dalam keadaan sulit.”

Dilansir dari Reuters (14/8) Atas terpilihnya kembali Uhuru, koalisi oposisi Kenya yang kalah tetap bersikeras bahwa mereka tidak akan menghentikan usaha mereka untuk membatalkan hasil pemilihan. Inggris merupakan  bekas penguasa kolonial di Kenya.

Aksi demontrasi penolakan Uhuru oleh oposisi tersebut setidaknya menewaskan 11 orang. “Kami bergabung dengan warga Kenya untuk berkabung atas mereka yang tewas, menyerukan mereka yang berpengaruh untuk menahan diri di masa sulit ini guna memastikan ketenangan, dan menghormati warga Kenya yang memberikan suara demi menentukan masa depan mereka,” ungkap Johnson.

Johnson mengatakan bahwa dia berharap dapat membangun hubungan yang kuat antara London dan Nairobi.