Daftar Negara Penghasil Narkoba Dunia

Ladang Opium di Afganistan.Foto BBC
Ladang Opium di Afganistan.Foto BBC

Jakarta,Sayangi.com- Tertangkapnya Rio Febrian di Jalan Raya Caman, Bekasi Barat, dengan barang bukti sabu seberat 0,21 gram, menambah daftar catatan pemakaian narkoba dikalangan artis. Dilihat dari angka statistik sepertinya negara Indonesia menjadi lahan emas bagi perdagangan narkoba.

Narkoba merupakan barang haram ilegal yang justru banyak diperdagangkan. Narkoba menjajikan pudi-pundi uang besar bagi prodeusen maupun perantaranya. Pasaran narkoba dari tahun ke tahun semakin meluas lintas batas negara. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya para pecandu barang haram ini di seluruh dunia.

Narkoba sudah menjangkau semua lapisan, dari kelas bawah menengah sampai kelas elit bahkan selebritis-selebritis tanah air ataupun Internasionalpun banyak yang kecanduan. Dikutip dari berbagai sumber inilah 5 negara produsen Narkoba terbesar didunia :

1.Afghanistan Rajanya Opium dan Heroin
Afghanistan merupakan produsen opium terbesar sedunia yakni antara 5.000 hingga 6.000 ton opium mentah per tahun. Jika dimurnikan opium akan berubah menjadi heroin.

Setelah penarikan tentara NATO tahun silam ladang poppy di Afghanistan bertambah 40 persen menjadi seluruhnya 210.00 hektar. Negara yang masih dilanda konflik perang ini, pasar terbesar opium yang dihasilkan adalah Amerika Serikat dan Asia.

2.Kolumbia Juara Dunia Kokain
Kolumbia, Bolivia dan Peru menjadi juaranya produsen kokain sedunia. Negara yang terletak di Amerika Selatan ini mempunyai ladang daun kokain secara keseluruhan tercatat seluas 135.000 hektar.

Menurut laporan badan anti narkotika PBB-UNODC Produksi tahunan Kolumbia sekitar 300 sampai 400 ton setahun. Pasar kokain terbesar negara ini adalah Amerika Selatan, Amerika Utara dan Eropa.

3.Maroko Penghasil Utama Ganja
Negara yang terletak di wilayah Afrika Utara ini setiap tahunnya rata-rata memproduksi 1.500 ton hashis, marijuana dan ganja kering. Di seluruh Maroko terdapat sekitar 134.000 hektar ladang ganja.

Penanaman ganja kini makin marak, setelah Amerika Serikat dan Meksiko melegalkan penggunaan marijuana dalam jumlah terbatas.

4.Myanmar Ratu Heroin Asia Tenggara
Segitiga emas Myanmar, Laos dan Kamboja adalah ratunya produksi opium dan heroin di Asia Tenggara. Negara anggota Community Asean ini memproduksinya sekitar 1.000 ton opium setahun.

Opium dari Segitiga Emas biasanya diselundupkan ke luar lewat jalan darat Thailand dan dari situ menyebar ke kawasan lain di Asia Tenggara termasuk ke Indonesia.

5.Amerika Serikat dan Mexiko Pusat Meth
Narkoba sintetis Crystal Meth menurut UNODC saat ini konsumsinya meningkat drastis. Belum diketahui pastinya, di mana negara produsen utama, karena narkoba sintetis ini mudah dibuat di laboratorium rumahan.

Data menunjukan polisi di Amerika Serikat menggerebek 12.000 laboratorium semacam itu. Amerika Serikat dan Meksiko menyita sekitar 80 persen dari 144 ton Meth yang berhasil disita di seluruh dunia