Belum Genap 3 Bulan Berkuasa, Perdana Menteri Aljazair Dipecat

Perdana Menteri Aljazair Abdelmajid Tebboune. Foto DZ Breaking
Perdana Menteri Aljazair Abdelmajid Tebboune. Foto DZ Breaking

Aljazair,Sayangi.com– Abdelaziz Bouteflika, telah membebaskan Abdelmadjid Tebboune sebagai perdana menteri. Abdelaziz Bouteflika memecat Perdana Menteri Abdelmadjid Tebboune pada Selasa (15/8), kurang dari tiga bulan setelah menunjuknya, menurut sebuah pernyataan presiden yang disampaikan media pemerintah

Kantor berita APS, mengutip sebuah pernyataan presiden, mengatakan pada hari Selasa bahwa mantan Perdana Menteri Ahmed Ouyahia kembali melakukan pekerjaan yang sebelumnya dipegangnya tiga kali.

Dalam sebuah langkah mengejutkan tiga pekan setelah pemilu, presiden menunjuk Tebboune, yang sebelumnya menjadi menteri perumahan, sebagai perdana menteri guna menggantikan sekutu Bouteflika, Abdelmalek Sellal.

Tebboune diangkat menjadi perdana menteri sejak kemenangan koalisi yang berkuasa dalam pemilihan parlemen bulan Mei beberapa bulan lalu. Sebelumnya jabatan yang ia sandang adalah menteri perumahan.

Menurut seorang sumber pemerintah yang namanya tidak ingin disebut kepada AFP, Tebboune (71) dipecat karena “visinya tidak sesuai” dengan sang presiden.

Sumber tersebut juga mengatakan ada masalah komunikasi di antara keduanya, demikian dilansir AFP.

Seperti diketahui Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika telah menderita stroke pada tahun 2013 dan tinggal dirumah menjalani pengobatan.

Partai-partai oposisi Aljazair telah menyatakan keraguan tentang apakah Bouteflika yang kini berusia 80 tahun itu masih sepenuhnya mengendalikan kekuasaan presiden.

Aljazair yang berada di Afrika Utara ini merupakan negara pengekspor gas serta kaya minyak.