Tiga Menteri Kabinet Jokowi Akan Dampingi Pembukaan SEA Games 2017

Pembukaan SEA GAMES 2017 di Stadion Bukit Jalil. Foto Astro Awani
Pembukaan SEA GAMES 2017 di Stadion Bukit Jalil. Foto Astro Awani

Kuala Lumpur, Sayangi.com – Kontingen Indonesia didampingi tiga menteri akan menghadiri pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017).

Ketiga menteri itu adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly.

Dikutip dari Antara (19/8) “Kami sudah mendapatkan kepastian Menko PMK, Menpora, dan Menkumham akan tiba di Kuala Lumpur besok pagi,” kata Sekretaris Kontingen Indonesia di SEA Games 2017, Arsyad Ahmadin, di Royale Chulan Hotel Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (18/8/2017).

Selain ketiga menteri tersebut, pembukaan pesta olahraga dua tahunan ini juga akan dihadiri oleh Wakil Kapolri Komjen (Pol) Syafrudin yang akan menjadi tamu VIP.

Untuk atlet, sedikitnya 200 putra-putri terbaik Indonesia dari berbagai cabang olahraga, termasuk ofisial akan berperan langsung pada pembukaan SEA Games 2017. Mereka akan melakukan defile sebagai wakil Indonesia pada kejuaraan dua tahunan ini.

“Mereka akan mengenakan jas dengan warna biru dongker,” tutur Arsyad.

Pada defile ini, perenang I Gede Siman Sudartawa bakal menjadi pembawa bendera Merah Putih. Rencananya, atlet asal Bali ini didampingi petenis Christopher Rungkat dan pembalap BMX Elga Kharisma Novanda yang akan menggunakan pakaian adat. Namun, rencana itu diurungkan.

Menurut Arsyad, batalnya petenis yang akrab dipanggil Christo dan Elga mendampingi Siman karena pihak panitia penyelenggara SEA Games 2017 atau Masoc sudah menyiapkan orang yang akan menggunakan pakaian adat Kutai Kartanegara itu.

Hingga sehari menjelang pembukaan SEA Games 2017, atlet Indonesia dari 22 cabang olahraga dipastikan sudah tiba di Malaysia. Mereka tersebar di 15 hotel yang ada di Kuala Lumpur dan sekitarnya. Adapun kontingen Indonesia berkekuatan lebih dari 700 atlet dan official.