Berperahu : Menikmati Liburan Jakarta Dari Sisi Lain

Foto Imrung
Foto Imrung

Jakarta,Sayangi.com– Bagi warga Jakarta menikmati liburan panjang atau week end pasti akan terbayang puncak Bogor. Padahal dibalik keriuhan kota Jakarta juga menawarkan wisata bahari yang mudah diakses dan terjangkau isi kantong.

Mau relak sejenak di tengah riuhnya Jakarta,kunjungilah Pelabuan Sunda Kelapa!. Buang apa pun anggapan tentang Jakarta yang selama ini sudah terlanjur mengendap di benak kepala, buka pikiran, dan ayo kota Batavia dari sudut pandang berbeda.Mari gunakan sis lain yang asyik menikmati Jakarta dari atas air.

Pilihlah Pelabuhan Sunda Kelapa saat waktu pagi atau sore hari. Di waktu tersebut ada banyak pemandangan kapal-kapal besar berdiri megah berlatar langit biru. Deretan kapal dan kesibukan bongkar muat, memunculkan imajinasi, bagaimana dulu kesibukan pelabuhan yang sudah ada sejak abad ke-15 itu.

Ditempat ini juga akan ditemui para nelayan yang menawarkan keliling pelabuhan dengan kapal motor kecil. Biasanya Tarifnya Rp50 ribu untuk satu perahu dengan kapasitas sekitar lima orang. Perahu bisa menampung 8-10 orang dibandrol Rp. 100.000. Dengan lama keliling sekitar 35 menit.

Saat kapal akan habis waktu keliling pengemudi perahu akan memberhentikan kapal sebentar di salah satu sisi badan kapal besar dan menawarkan kami untuk naik ke geladak. Dari geladak ini bisa dinikmati Tiang-tiang kapal terlihat jelas, bongkar angkut muatan dengan alat berat juga bisa disaksikan.

Saat akan kembali ke daratan pengemudi perahu memberikan dua tawarn kembali ke titik tolah awal atau akan turun di Museum Bahari.